Komunitas Kuliner

Di Kampung Tugu dan Pasar Baru Bisa Makan Enak Bareng Komunitas Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 20 Sep 2018 18:47 WIB
Foto: Jakarta Food Traveler
FOKUS BERITA Komunitas Kuliner
Jakarta - Komunitas Jakarta Food Traveler (JFT) tawarkan rute tur kuliner unik dan seru. Mulai dari menyusuri Kampung Tugu, Kota Tua hingga Pasar Baru.

Sejak 2017, JFT rutin mengadakan tur kuliner ke berbagai kawasan bersejarah di sudut-sudut Jakarta. Tur ini terbuka untuk siapa pun sehingga setiap orang bisa bergabung.

Tur diisi dengan mengunjungi lokasi-lokasi ikonik di kawasan tersebut. Tak lupa diselingi mencicip makanan enak dan bernilai historis. Kepada detikFood (20/9), Ira Lathief bercerita tur kuliner ke Old Town Batavia (Kota Tua) dan Old China Town (Glodok) paling diminati peserta.

Pada tur ke Kota Tua, peserta diajak menikmati makanan di RM Padang Merdeka, Kafe Historia, Betawi Corner, Pusat Kuliner Taman Kota Intan, Kedai Kopi Compagnie hingga Kafe Batavia. Tentunya juga mengunjungi Lapangan Fatahillah, Kantor Pos Fatahillah dan Museum Fatahillah.

Di Kampung Tugu dan Pasar Baru Bisa Puas Makan Enak Bareng Komunitas IniFoto: Istimewa

Baca Juga: Makan Enak Sambil Menyusuri Jejak Sejarah di Sudut-sudut Jakarta

Sementara di Glodok, Kedai Es Kopi Tak Kie, pasar tradisional Petak Sembilan, Gang Kali Mati, warung vegetarian Koh Handi dan Kedai Mie Belitung akan disambangi peserta tur. Petualangan ini nantinya dimulai dari Pantjoran Tea House.

Selain Kota Tua dan Glodok, JFT juga punya tur ke Pasar Baru (Little India), Kampung Tugu (Portuguese Vilage), Cikini (Little Arab), Melawai (Little Tokyo), dan Senopati (Little Korea). Semua lokasi ini dinilai JFT punya nilai-nilai historis menarik yang penting diketahui peserta.

detikFood pernah ikut dalam tur ke Kampung Tugu di kawasan Semper, Jakarta Utara. Tur diawali dengan mengunjungi Gereja Tugu yang sudah ada sejak tahun 1735, lalu ke Kampung Tugu yang lokasinya tak jauh dari gereja.

Di Kampung Tugu dan Pasar Baru Bisa Puas Makan Enak Bareng Komunitas IniFoto: Istimewa

Ada camilan khas Kampung Tugu yang bisa dicicip peserta seperti ketan unti, pisang udang dan apem kinca. Menurut warga asli Kampung Tugu, camilan tersebut adalah makanan asli keturunan orang Portugis yang bermukim di Jakarta.

Tur juga mengajak peserta menikmati kuliner bersejarah khas Portugis seperti daging spe dan pindang serani. Tak ketinggalan Portuguese Egg Tart yang merupakan jajanan populer dari Portugis.

Nah, kalau di Little India alias Pasar Baru, kulinernya juga beragam. Seperti masakan Aceh di rumah makan Selera Kita yang menghadirkan masakan berempah dan pedas. Rempah tersebut menunjukkan adanya hubungan budaya lewat kuliner dengan sub kontinen India.

Di Kampung Tugu dan Pasar Baru Bisa Puas Makan Enak Bareng Komunitas IniFoto: Istimewa

Dalam tur ini juga ada kunjungan ke Gokul Resto. Indian Vegetarian Resto ini menyediakan makan siang untuk para peserta secara prasmanan. Pilihannya ada Vegetable Biryani, Mock Chicken Curry, Aloo Mutter, Plain Paratha dan Papaddum renyah.

Saat ini menurut Ira, komunitas Jakarta Food Traveler juga berkembang menjadi komunitas Wisata Kreatif Jakarta. "Kalau Jakarta Food Traveler fokus menawarkan Food Tour, maka Wisata Kreatif Jakarta menawarkan beragam Walking Tour dengan beragam tema misalnya Wisata Bhineka (Wisata Rumah Ibadah Lintas Agama), Wisata Taman & Makam (Park & Cemetery Tour), dan Wisata Warisan Ahok (Ahok Legacy Tour). Jadi Jakarta Food Traveler berada dalam naungan Wisata Kreatif Jakarta," pungkas Ira.

Baca Juga: Menikmati Makanan India Rumahan Hingga Sajian Vegetarian dalam Jelajah Pasar Baru (adr/odi)
FOKUS BERITA Komunitas Kuliner