Komunitas Kuliner

Inilah Komunitas Food Blogger Indonesia Pertama

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 20 Sep 2018 15:20 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Komunitas Kuliner
Jakarta - Food blogger Indonesia punya komunitas yang sudah berusia 7 tahun. Saat ini, komunitas itu sudah punya ribuan anggota.

Indonesian Food Blogger merupakan tempat berkumpulnya para food blogger Indonesia pertama. Komunitas ini sendiri didirikan oleh 5 food blogger populer, salah satunya Andrie Anne. Ia bersama Ellen Antheunis, Elsye Suranto, Freeyanti Inev, dan Pepy Nasution memiliki ide untuk membuat wadah tukar informasi antar food blogger. Hingga tercetuslah komunitas Indonesian Food Blogger (IDFB).

"Awalnya kita, 5 blogger tercetus ide bikin komunitas sebagai wadah food blogger yang tersebar di seluruh dunia," cerita Andrie Anne saat dihubungi detikFood (19/9).

Sehingga komunitas ini tak hanya menjadi tempat berkumpulnya para food blogger di tanah air. Tapi juga food blogger asal Indonesia yang ada di berbagai negara.

Inilah Komunitas Food Blogger Indonesia PertamaFoto: Instagram IDFB
Saat ini saja, akun IDFB sudah diikuti oleh lebih dari 3 ribu pengguna Facebook serta 5 ribu followers di Instagram. Tak ada syarat khusus untuk menjadi anggota komunitas ini. Semua orang yang cinta dengan dunia kuliner bebas menjadi anggota dengan cara mengikuti akun media sosial resmi IDFB.

"Asal dia penggemar kuliner, bisa jadi member IDFB. Tinggal join aja di Facebook sama di Instagram kita," jalas Anne.

Tak heran kalau dulunya komunitas ini memiliki banyak kegiatan rutin. Salah satunya bernama 'Challenge Rutin'. Challenge rutin yang dimaksud ialah tantangan bagi para anggota IDFB untuk mengolah sajian khas nusantara. Mereka wajib menulis resep lengkap dengan foto sajian ke dalam blog pribadi mereka.

Inilah Komunitas Food Blogger Indonesia PertamaFoto: Instagram IDFB
Seiring berjalannya waktu, IDFB kini berkembang menjadi komunitas komersil. Banyak restoran maupun retail makanan yang mempromosikan menu miliknya lewat komunitas kuliner ini.

"Kita dulu kegiatan rutinnya ada challenge rutin tiap dua bulan sekali. Ada resto review, ada charity juga. Kegiatannya ada banyak tapi sekarang kita lagi nggak ada challenge rutinnya. Sekarang kita sering jadi endorser-endorser atau buzzer dari restoran atau dari produk. Kita terus terang udah nggak seaktif dulu," ungkap Anne.

Walau begitu, hal ini membuktikan kalau komunitas pun bisa berkembang pesat dan menjadi suatu kegiatan yang menghasilkan. Tentunya ini dikarenakan pengalaman dari founder serta co founder IDFB di bidang kuliner.

Inilah Komunitas Food Blogger Indonesia PertamaFoto: Instagram IDFB
Namun tiap anggota IDFB masih bisa saling bertukar informasi lewat Facebook group hingga WhatsApp group. Kedepannya, Anne berharap kalau Indonesian Food Blogger bisa mengadakan acara besar. Di mana acara itu bisa mengumpulkan seluruh food blogger yang tergabung di dalam IDFB.

Karena selama 7 tahun berdiri, selain acara internal, belum ada acara khusus yang diadakan oleh IDFB sendiri. "Pengin bikin event besar untuk nyatuin food blogger," tutup Anne.

(dwa/odi)
FOKUS BERITA Komunitas Kuliner