Sebelum Dimasak, Restoran Ini Sengaja Beri Lobsternya Asap Daun Ganja Bakar

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 19 Sep 2018 10:50 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Restoran ini punya cara sendiri untuk 'membius' lobster agar tak dimasak dalam keadaan hidup dan sadar. Para lobster sengaja diberi asap daun ganja bakar.

Umumnya lobster maupun seafood berjenis serupa dimasak begitu saja dalam keadaan hidup. Semakin segar seafood yang dimasak, maka rasanya akan semakin enak. Karena itu, tak jarang orang meletakkan lobster langsung dalam keadaan hidup ke dalam hotpot.

Namun restoran di wilayah Southwest Harbour, Amerika Serikat ini justru menggunakan cara khusus agar lobster yang dimasak sudah dalam keadaan tak sadarkan diri. Charlotte's Legendary Lobster Pound sengaja 'membius' lobsternya dengan asap daun ganja bakar.

Sebelum Dimasak, Restoran Ini Sengaja Beri Lobsternya Asap Daun Ganja BakarFoto: iStock
Sang pemilik restoran, Gill Chartolle, sengaja meletakkan beberapa lobster ke dalam tangki air berukuran besar. Tangki khusus itu kemudian diisi dengan asap pembakaran daun ganja. Asap tersebut justru membuat para lobster tenang.

Baca juga: Restoran Ini Pilih Lepaskan Lobster 'Cotton Candy' Langka Daripada Memasaknya

Zat aktif yang terkandung dalam ganja, tetrahydrocannabinol (THC) ternyata bisa menembus air dan masuk ke dalam aliran darah lobster. Sifat para lobster yang tetap tenang itu bertahan hingga beberapa minggu setelahnya.

Setelah percobaan itu usai, lobster lobster tadi Gill kembalikan ke alam liar. Dengan adanya percobaan itu, Gill akhirnya memutuskan untuk membuat tangki khusus bagi lobster yang sudah menghirup asap daun ganja bakar. Lobster-lobster itulah yang akan ia masak.

Sebelum Dimasak, Restoran Ini Sengaja Beri Lobsternya Asap Daun Ganja BakarFoto: thinkstock
Pertanyaannya, apakah lobster yang menghirup asap daun ganja itu aman dikonsumsi? Ternyata Gill sudah menyiapkan jawabannya.

Dilansir Foodbeast (19/9), panas yang ada selama proses perebusan lobster menghilangkan kandungan zat psikoaktif yang ada. Sehingga tak ada efek yang dirasakan konsumen jika melahap lobster itu. Gill sendiri hanya menggunakan lobster yang diasap daun ganja bakar dengan persetujuan konsumen.

Jadi, bagi pengunjung yang tak ingin melahap lobster ini, bisa meminta lobster hidup biasa. Hanya saja menurut Gill, rasa lobster yang diasap daun ganja justru lebih lezat. Ini karena lobster itu masih dalam keadaan bahagia saat dimasak.

Sebelum Dimasak, Restoran Ini Sengaja Beri Lobsternya Asap Daun Ganja BakarFoto: iStock
"Perbedaan dari rasa dagingnya sendiri memang sulit dipercaya," jelas Gill. Ganja yang dipakai Gill merupakan ganja yang ia tanam sendiri. Ia pun sudah mendapatkan lisensi untuk penanaman ganja terkait hal ini.

Baca juga: Waduh! Crayfish Ini Merayap Keluar dari Hotpot Saat Sedang Dimasak (dwa/odi)