Laporan dari Nagoya

Inilah Kompor Gas Paling Canggih dari Rinnai

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 19 Sep 2018 09:29 WIB
Foto: detikfood
Nagoya - Berada di Hot Lab yang ada di kantor cabang Rinnai Nagoya sungguh menyenangkan. Apalagi detikcom diajak ikut memasak dengan kompor gas tanam seri Delicia dari Rinnai Corporation, Japan. Seperti apa ya kecanggihan kompor gas ini?

Melihat tampilan kompor gas tanam ini siapapun akan jatuh hati. Alasnya berupa kaca berlapis baja tahan panas dengan 3 tungku. Dilengkapi dengan oven di salah satu sisinya. Juga terdapat cooker hood atau pengisap asap yang terpasang di bagian atas kompor

Kompor gas ini dioperasikan dengan tombol dan panel di sisi kanan. Di panel ini bisa diatur waktu memasak, jenis masakan dan besar kecil api. Semuanya cukup diatur dengan sentuhan ujung jari.


Inilah Kompor Gas Paling Canggih dari RinnaiPanci tembikar yang khusus dirancang untuk memasak nasi. Foto: detikfood

Khusus untuk memasak nasi, saat membeli kompor ini dapat dilengkapi dengan hot pot (dijual terpisah) berwarna hitam yang dilengkapi dengan sensor. Seperti memasak nasi biasa, beras ditaruh dalam panci lalu diberi air sesuai garis yang ada pada panci. tutup panci dan taruh di atas tungku.

Tinggal buka panel dan secara otomatis akan tampil menu nasi pada panel, tinggal pilih dan tekan tombol. Kemudian api akan menyala dengan waktu yang sesuai dengan jumlah beras yang sudah otomatis tersetting. Setelah matang kompor akan berbunyi dan api kompor akan mati jadi nasi tidak akan gosong.

Demikian juga jika akan memasak sayur, tinggal taruh wajan dengan sayuran di atas kompor lalu pilih sesuai menu yang tersedia. Proses memasak dalam beberapa menit, sayuranpun matang.

Kelebihan lain dari kompor ini adalah adanya panggangan atau dutch oven berikut wadah panggangannya. Detikfood pun menjajal memasak ayam goreng tanpa minyak dengan kompor ini.

Inilah Kompor Gas Paling Canggih dari RinnaiTiga jenis hidangan bisa dimasak bersamaan dan matang pada waktu singkat. Foto: detikfood

'Cukup masukkan potongan ayam dalam kantong plastik, masukkan tepung bumbunya lalu kocok-kocok sampai rata,' jelas Ms.Chiharu Yamamoto, Lifecreator yang mendampingi. Setelah ditata dalam wadah dan dimasukkan dalam oven, tinggal pilih menu yang berikut waktu memasaknya. Ayam goreng tanpa minyak yang renyahpun matang. Memasak ketiga masakan tersebut tak lebih dari 30 menit, semuanya terhidang panas.

Saat menggoreng makanan juga tak perlu cemas minyak terlalu panas hingga berasap. Kompor ini dilengkapi dengan sensor suhu minyak sehingga minyak akan sama panasnya saat pertama menggoreng hingga gorengan selesai.

Bukan hanya model yang stylish, kompor gas ini juga dilengkapi dengan pengaman yang bagus. Mengingat banyak ibu-ibu yang sering meninggalkan kompor saat memasak, Rinnai menciptakan pengamannya.

Inilah Kompor Gas Paling Canggih dari RinnaiTungku dengan sensor pengaman mencegah kebakaran. Foto: detikfood

Pertama, kompor gas seri Delicia ini dilengkapi dengan tombol pada tungkunya. Tombol ini akan turun saat ada panci atau wajan di atasnya. Api akan mati otomatis saat masakan sudah matang. Jika api kompor menyala tanpa panci dan wajan diatasnya, maka dalam beberapa detik akan padam dengan sendirinya.

'Dengan kompor ini kebakaran karena api kompor di rumah tidak akan terjadi,' jelas Ms.Yamamoto.

Kompor terbakar saat gempa sangat sering terjadi di Jepang mengingat negara ini juga rawan gempa. Untuk itu Rinnai juga menciptakan pengamannya. Jika kompor menyala dan terjadi guncangan atau getaran, maka otomatis api kompor akan mati.

Inilah Kompor Gas Paling Canggih dari RinnaiAplikasi Mobile Delicia yang bisa didonlot gratis. Foto: detikfood

Menyesuaikan dengan gaya hidup milennial yang serba canggih, kompor gas seri Delicia ini juga dilengkapi dengan aplikasi mobile. Bisa didownload dan di dalam aplikasi Delicia tersedia beragam fasilitas. Selain dapat mencari resep masakan yang cocok, juga bisa membuat daftar belanja bahan makanan sesuai resep yang dipilih.

Menghubungi customer service hingga memberikan komentar pada resep yang dicoba atau berbagi informasi. Semuanya bisa dikendalikan dari smartphone dengan sekali sentuh.

Pekerjaan memasak jadi lebih mudah dengan kompor gas yang mudah dirawat dan dibersihkan ini. Sayangnya produk ini belum dipasarkan di Indonesia dalam waktu dekat.

(odi/odi)