Tambah Stamina dengan Nyeruput Teh Telor Pinang Muda ala Pekanbaru Ini

Chaidir Tanjung - detikFood Senin, 17 Sep 2018 06:29 WIB
Foto: Chaidir Tanjung/detikcom
Jakarta - Tampilan teh ini mirip kopi susu yang pekat. Rasanya manis creamy sedikit pahit dan sepat. Minuman ini dipercaya bisa tambah stamina kaum pria.

Teh telor atau orang Minang menyebutnya teh talua merupakan minuman teh yang banyak dijajakan di rumah makan Minang. Banyak rumah makan di Sumatra Barat punya racikan teh telor yang enak. Bisa ditandai dengan adanya tandan pinang muda yang ditaruh di meja peracik minuman.

Tak hanya ada di Padang, di Pekanbaru, juga bisa dinikmati teh talua ini. Tak beda jauh dengan orang Minang, teh talua di Pekanbaru juga dicampur dengan pinang muda. Minuman panas ini dibuat dari air teh hitam. Jika di Pekanbaru dibuat dari teh hitam kualitas terbaik dunia dari Kabupaten Kerinci, Jambi. Kemudian dicampur dengan telur bebek, susu kental manis, daging buah pinang muda dan air panas.


Tambah Stamina dengan Nyeruput Teh Telor Pinang Muda ala Pekanbaru IniFoto: Chaidir Tanjung/detikcom

Semua bahan dikocok jadi satu dalam gelas tinggi sehingga berbuih dan creamy. Disajikan dengan seiiris jaruk nipis, Untuk meminumnya. jeruk nipis dioleskan di keliling bibir gelas. Rasa asam dan aroma segarnya bisa mengurangi aroma anyir telur. Dihirup hangat memang enak rasanya!

Pinang muda rasanya sedikit pahit dan sepat. Tetapi sejak dulu pinang muda dipercaya bisa menambah stamina pria, mengurangi sakit pinggang hingga mengatasi cacingan.

Jika ada di Pekanbaru Anda bisa mampir ke Bofet Radar yang berada di Jl Sudirman, kawasan Pasar Pusat Pekanbaru. Di sini ada teh telor pinang muda. Teh telor pinang muda di sini, berbahan, buah pinang muda, telor bebek, teh hitam. Buah pinang juga harus pilihan dari pohon yang tidak terlalu tua dan buahnya juga masih muda.

Tambah Stamina dengan Nyeruput Teh Telor Pinang Muda ala Pekanbaru IniFoto: Chaidir Tanjung/detikcom

"Kami menggunakan teh hitam yang berkualitas internasional. Teh hitam ini hanya ada di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi," kata Sidi Oyong Dalius pemilik Bofet Radar dalam perbincangan dengan detikfood, Minggu (16/9/2018).

Dengan mengonsumsi teh telor pinang muda ini, akan menambah kesehatan dan stamina. Mantan Wapres Boedino juga pernah menyeruput teh telor pinang muda di Bofet Radar ini.

"Pak Boediono pernah mampir ke tempat saya saat menutup PON tahun 2012 lalu. Saya tawarkan saat itu minuman teh telor pinang muda, dan beliau bersedia mencobanya. Alhamdulilah, beliau saat itu senang meminumnya," kata Oyong.

Sajian teh telor pinang muda ini, kata Oyong, salah satu menu minuman khas yang tersedia. "Minuman ini khas kami dari sekian banyak menu yang ada. Pokoknya kalau badan terasa lemas stamina menurun, tak ada salahnya minum teh telor pinang muda," tutup Oyong.

(odi/odi)