Lebih Mudah Dikupas, Alpukat Ini Tak Akan Bikin Tangan Terluka

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 16 Sep 2018 13:10 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Memotong alpukat sering kali sebabkan tangan terluka. Tapi alpukat yang satu ini diproduksi jenis alpukat khusus yang lebih mudah dikupas.

Dikabarkan Daily Mail (14/9), jaringan supermarket Inggris, Tesco memperkenalkan varian alpukat terbaru. Diklaim punya kulit yang lebih mudah dikupas, alpukat ini bertujuan mengurangi risiko insider 'avocado hand' terjadi.

Baca Juga: Avocado Hand,' Insiden Saat Potong Alpukat yang Makin Banyak Terjadi
Lebih Mudah Dikupas, Alpukat Ini Tak Akan Bikin Tangan TerlukaFoto: Istimewa
Nama alpukat tersebut adalah Easy Avo. Kulitnya lebih tebal dengan tampilan mirip cangkang kerang sehingga saat sudah dipotong setengah, alpukat lebih mudah dipisahkan dari kulitnya.

Easy Avo dijual lebih mahal dari varian alpukat biasa di Tesco. Harganya 1.95 poundsterling atau sekitar Rp 37.700 per buah, sementara alpukat biasa hanya 85p atau sekitar Rp 16.500.

Tahun ini merupakan tahun pertama petani di Afrika Selatan memproduksi cukup Easy Avo untuk mendukung percobaan penjualannya. Dengan kata lain, persediaan Easy Avo di Tesco masih terbatas.
Lebih Mudah Dikupas, Alpukat Ini Tak Akan Bikin Tangan TerlukaFoto: Istimewa
Kabarnya hanya beberapa gerai Tesco terpilih yang menjual Easy Avo. Pihaknya yakin varian alpukat baru ini bisa mengurangi terjadinya insiden jari terluka saat memotong apukat.

"Tahun lalu pelanggan membeli hampir 60 juta alpukat dari kami, jadi kami yakin alpukat fantastis ini bisa meminimalisir terjadinya keribetan memotong alpukat dan membuat hidup sedikit lebih mudah," ujar Laura Marsden Payne dari Tesco.

Tahun lalu, ahli bedah plastik Simon Eccles di Inggris bahkan mengatakan alpukat perlu diberi label peringatan. Terkait risiko besar jari terluka saat memotongnya.
Lebih Mudah Dikupas, Alpukat Ini Tak Akan Bikin Tangan TerlukaFoto: Istimewa

Eccles mengaku menangani 4 pasien per minggu di rumah sakit Chelsea dan Westminster yang alami avocado hand. "Orang-orang tidak mengantisipasi alpukat yang mereka beli bisa jadi sangat matang dan ada pemahaman minim soal bagaimana mereka menyiapkan alpukat," pungkas Eccles.

Baca Juga: Jarinya Teriris Saat Potong Alpukat, Seleb Ini Harus Jalani Operasi


(sob/odi)