Ini Tiga Cara Memilih Kepiting Segar Agar Jadi Sajian Enak

Riska Fitria - detikFood Kamis, 13 Sep 2018 12:51 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Kepiting kini banyak digemari orang. Memasak kepiting sendiri juga mudah. Ini beberapa tips dari chef untuk memilih kepiting segar.

Kepiting dengan daging yang lembut gurih disukai banyak orang. Bisa dikukus, digoreng mentega, diberi saus padang atau saus lada hitam. Kalau ingin menikmati kepiting, bisa mampir ke beberapa restoran seafood atau warung tenda seafood.

Tetapi jika ingin mengolah kepiting jadi sajian enak seperti menu resto, juga tak sulit. Yang terpenting adalah memilih kepiting hidup yang segar dan bagus kondisinya. Chef Iwan Sulaimandari The Holy Crab membagikan tips mengolah kepiting yang benar.

Baca juga : Kepiting Saus Padang yang Gurih Pedas Ada di Sini
Ini Tiga Cara Memilih Kepiting Segar Agar Jadi Sajian EnakFoto: Istock
Menurut Chef Iwan, memilih kepiting segar yang pertama bisa dilihat dari matanya. Jika mata kepiting tersebut masih utuh dan masih bergerak berarti kepiting bagus kondisinya. Karena mata pada kepiting sudah diibaratkan sebagai nadi.

Langkah kedua adalah dengan menarik kaki kepiting. Jika saat ditarik, dan kepiting melakukan perlawanan, itu berarti staminanya masih bagus. Kemudian coba tekan siku kepiting. Kepiting yang segar ketika ditekan sikunya akan kembali mengembung.

Yang terakhir cek pada badan bawah kepiting, jika terasa keras itu berarti dagingnya padat. Namun, jika lembek bisa jadi daging kepiting kopong. Ketika sudah berhasil mendapatkan kepiting segar, pastikan kepiting tetap segar atau hidup sebelum dimasak.
Ini Tiga Cara Memilih Kepiting Segar Agar Jadi Sajian EnakFoto: Istock
Chef Iwan juga menyarankan untuk menyimpan kepiting ke dalam akuarium atau wadah yang berisikan air dan merendamnya selama 2 hari. Jangan terlalu banyak air, cukup sedikit saja untuk merendam kepiting, dan jangan sampai kepiting tenggelam.

Saat dimasak, kepiting bisa diolah dengan beragam jenis bumbu masakan. Masak hingga matang sampai warna cangkang pada kepiting menjadi kemerahan. Bagi penderita kolesterol, lebih baik jangan makan terlalu banyak, lalu sebaiknya setelah makan kepiting lengkapi dengan meminum jus mentium untuk menetralisir.

Baca juga : Siang Ini Makan Kepiting Enak di 5 Tempat Ini, Yuk! (dvs/odi)