Ditinggal Semalaman, Jeruk Ini Warnanya Berubah Jadi Ungu Tua

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 09 Sep 2018 16:55 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Biasanya jika potongan buah jeruk ditinggalkan dalam udara terbuka, hanya akan berubah warna menjadi kecokelatan. Tapi jeruk ini justru berubah menjadi warna ungu pekat.

Jeruk berwarna ungu pekat ini awalnya ditemukan oleh Neti Moffit, seorang ibu yang berasal dari Canberra, Australia. Ia mengunggah foto jeruk ungu ke akun Facebooknya, dan bertanya apakah buah jeruk milik anaknya tersebut bisa berubah menjadi warna ungu, hanya karena dibiarkan terbuka selama semalaman.
Ditinggal Semalaman, Jeruk Ini Warnanya Berubah Jadi Ungu TuaFoto: Istimewa
Baca Juga: Mau Lihat Jeruk dalam Jeruk atau Telur dengan 2 Kuning?

"Saya membersihkan sampah, dan menemukan bekas jeruk yang dimakan oleh anak saya, warnanya berubah menjadi ungu pekat. Warnanya berbeda dengan jeruk yang ditinggalkan di meja," ungkap Netti, dilansir Munchies (08/09).

"Pikiran pertama saya adalah, saya berharap bahwa buah ini tidak akan berdampak buruk pada anak saya. Tapi untungnya, anak saya baik-baik saja," lanjutnya.
Ditinggal Semalaman, Jeruk Ini Warnanya Berubah Jadi Ungu TuaFoto: Istimewa
Misteri berubahnya jeruk menjadi warna ungu ini, berhasil menarik perhatian para peneliti. Sehingga pihak pemerintah Australia mulai menyelidiki perubahan warna ini. Bahkan perwakilan dari Queensland Health, datang ke rumah Neti untuk mengumpulkan sisa jeruk ungu, pisau yang dia gunakan untuk mengupas jeruk, hingga alat pengasah pisau.

"Hanya ada satu kasus jeruk ungu yang dilaporkan. Apakah ini karena efek dari kimia yang ada di pisau, bukankah informasi itu harus diketahui dengan baik?" lanjut Neti.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata Neti bukanlah satu-satunya orang yang menemukan lapisan jeruk berubah menjadi ungu. Di tahun 2015, Angela Postle, wanita yang juga berasal dari Australia. Terkejut ketika melihat irisan jeruknya berubah menjadi warna ungu dalam semalam.
Ditinggal Semalaman, Jeruk Ini Warnanya Berubah Jadi Ungu TuaFoto: Istimewa
Jeruk milik Angela juga diuji untuk mengetahui apakah menggunakan pewarna makanan, warna buatan, atau yodium. Tapi hasilnya tidak terdeteksi sama sekali. Menanggapi hal ini, perwakilan dari produsen jeruk Citrus Australia mengatakan bahwa buah tersebut pasti telah terkontaminasi, oleh pisau atau sesuatu yang berada di dapur Angela.

Namun, hingga saat ini belum ada penjelasan ilmiah yang kuat tentang mengapa warna jeruk bisa berubah menjadi ungu pekat. Meski jeruk sudah diuji dan diteliti berkali-kali.

Baca Juga: Selain Jeruk, 6 Buah Ini Jadi Simbol Keberuntungan Bila Dimakan Saat Imlek (dvs/odi)