Mau Bikin Tempe Goreng Setipis Kartu ATM, Begini Caranya

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Minggu, 09 Sep 2018 11:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno menyebut tempe kini setipis kartu ATM. Kalau mau bikin tempe goreng renyah setipis itu, ikuti cara ini. Krenyes gurih rasanya!

Ramai soal kenaikan kurs rupiah terhadap dollar Amerika rupanya disinggung oleh cawapres Sandiaga Uno. Karena kenaikan dollar berimbas pada industri tahu dan tempe yang memakai kedelai impor. Katanya, tempe kini bentuknya tipis kayak kartu ATM.

Baca Juga : Sandiaga: Ukuran Tempe Sekarang Setipis Kartu ATM

Belanja tempe di tukang sayur ternyata ukuran dan tebal tempe, hari ini (9/9) masih normal dan harganya tak berubah. Tempe paling enak dibuat tempe goreng tepung. Kalau ingin membuat tempe goreng tipis dan garing, coba ikuti beberapa tahapan ini.

Mau Bikin Tempe Goreng Setipis Kartu ATM, Begini CaranyaFoto: Thinkstock

1. Tempe
Pilihlah tempe yang bentuknya segi empat dan tebal. Bisa berbungkus daun atau plastik dengan harga Rp 5.000 per potong sedang. Pilih tempe yang keras teskturnya dengan biji kedelai yang rapat dan padat. Agar saat diiris tipis tidak hancur.

2. Iris tempe
Iris tempe membujur tipis, setebal 2 mm hingga berbentuk kotak. Ikuti saja bentuk tempenya. taruh dalam loyang atau tampah dan angin-anginkan sebentar hingga agak kering.

Mau Bikin Tempe Goreng Setipis Kartu ATM, Begini CaranyaFoto: iStock/detikfood

3. Adonan tepung
Campurkan 2 sdm tepung sagu, 50 g tepung terigu, 100 g tepung beras hingga rata. Kemudian siapkan bumbunya, 2 siung bawang putih, parut halus, 1/2 sdt lada bubuk, 1 sdt garam dan 1 sdt kaldu bubuk. Aduk bumbu dan tepung sambil tambahkan 200 ml air matang.

Aduk hingga encer, bisa ditambahkan air jika dirasa kurang encer. Jika ingin lapisan tepung tebal, buat agak kental. Sebaliknya jika ingin tipis-tipis, tambahkan sedikit airnya.

Mau Bikin Tempe Goreng Setipis Kartu ATM, Begini CaranyaFoto: detikfood

4. Goreng
Siapkan minyak banyak dalam wajan dan panaskan dengan api sedang. Celupkan irisan tempe dalam adonan tepung lalu goreng. Jangan terlalu banyak memasukkan tempe, pastikan tempe terendam minyak dengan baik. Jangan lupa selalu aduk adonan tepung tiap kali akan mencelupkan tempe. Goreng hingga cokelat keemasan dan tiriskan. Sajikan hangat dengan cabe rawit. (odi/odi)