Pancake dan Waffle Enak

Dari Jepang Ada Dorayaki hingga Fluffy Pancake yang Empuk

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 06 Sep 2018 13:28 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Pancake enak bukan hanya gaya Amerika saja. Di Jepang ada beragam jenis pancake, mulai dari yang manis hingga gurih.

Pencinta pancake pasti tak asing dengan kreasi pancake khas negeri Sakura. Yang jadi favorit adalah Japanese fluffy pancake dengan tampilan mirip souffle.

Dibanding pancake Amerika yang tipis dan padat, pancake ini cenderung lebih tebal. Hanya saja teksturnya membal, ringan dan lembut. Ini karena Japanese fluffy pancake memakai putih telur kocok yang dipisahkan dengan adonan kuning telur.

Dari Jepang Ada Dorayaki hingga Fluffy Pancake yang EmpukFoto: Istock
Bahan yang dipakai kuning telur, tepung terigu, baking powder, vanili bubuk dan susu cair. Japanese fluffy pancake biasanya disajikan bersama siraman madu, taburan gula halus dan buah segar.

Baca Juga: Resep Kue : Japanese Fluffy Pancake

Selain jenis yang lembut, Jepang juga punya pancake bernama dorayaki. Teksturnya tebal dan empuk dengan warna cokelat keemasan. Isian terpopuler dorayaki adalah kacang merah dengan cincangan kacang atau mochi.

Meski begitu, ada juga dorayaki isi cokelat, pasta green tea dan bahkan whipped cream. Dorayaki mudah ditemui di penjuru Jepang. Tersedia di supermarket lokal hingga mini market.

Dari Jepang Ada Dorayaki hingga Fluffy Pancake yang EmpukFoto: Istock
Yang juga dibuat menggunakan adonan pancake adalah taiyaki atau kue ikan. Bentuknya ikan karena dibuat di cetakan bentuk ikan. Isian populernya juga kacang merah.

Taiyaki banyak dijual di pinggir jalan dengan varian yang berkembang. Untuk isian manis ada custard, cokelat, keju dan ubi. Sementara yang gurih berisi tuna dan kol.

Dari Jepang Ada Dorayaki hingga Fluffy Pancake yang EmpukFoto: Istock
Satu lagi pancake Jepang yang paling terkenal. Bernama okonomiyaki, pancake ini bercita rasa gurih karena dibuat dari cincangan daging ayam atau seafood yang sudah dipadukan adonan terigu plus telur.

Dari Jepang Ada Dorayaki hingga Fluffy Pancake yang EmpukFoto: Istock
Okonomiyaki lalu disajikan dengan topping mayonnaise, saus berwarna kecokelatan yang manis gurih dan katsubosi alias ikan kayu yang diserut halus sebagai taburan. Okonomiyaki populer di Indonesia, banyak dijajakan di gerai makanan di mall.

Baca Juga: Mau Bikin Okonomiyaki yang Enak? Ikuti Saja Tahapan Ini! (dwa/odi)