Champagne Adalah Jodoh Sempurna Kentang Goreng, Ini Alasannya

Riska Fitria - detikFood Selasa, 04 Sep 2018 16:28 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Makanan kerap dijodohkan dengan minuman tertentu untuk mendapatkan rasa yang lebih enak. Seperti champagne dan french fries.

Menurut ahli, memakan kentang goreng atau french fries paling pas dipadukan dengan champagne.

Food pairing atau kombinasi makanan dan minuman yang cocok harus sesuai dengan rasa dan karakter dari masing-masing. Biasanya rasa manis pada makanan, sering dipasangkan dengan minuman yang agak tawar supaya tidak menimbulkan rasa manis yang berlebih di mulut.
Champagne Adalah Jodoh Sempurna Kentang Goreng, Ini AlasannyaFoto: Istimewa
Dilansir dari People (03/09) menurut manager kualitas dan komunikasi wine Mo√ęt & Chandon, Marie Chritine Osselin, kentang goreng dan champagne adalah pasangan yang dibuat di surga.

"Champagne adalan wine yang berbahan sederhana, tidak lebih dari tiga bahan," kata Osselin.

Baca juga : Meskipun Tak Biasa, Kombinasi Makanan Ini Rasanya Enak (2)

Perpaduan antara garam dan lemak pada kentang goreng, dengan asam dan gelembung halus pada champagne dianggap sempurna oleh editor Food and Wine, Ray Isle. Isle mengaku sudah membuktikannya selama bertahun-tahun.

Champagne dan kentang goreng bahkan menjadi makanan pembuka yang paling terkenal di New Orleans Sylvain yang dibandrol mulai dengan harga Rp. 745.00 untuk satu porsi kecil dan Rp. 1.340.000 untuk satu prosi besar.
Champagne Adalah Jodoh Sempurna Kentang Goreng, Ini AlasannyaFoto: Istimewa
Pemilik restoran Sylvain, Sean McCusker mengaku mendapatkan ide tersebut dari acara Veuve Cliguot. Salah perusahaan champagne mengakatan bahwa kentang goreng adalah makanan favoritnya untuk dimakan dengan iringan champagne.

"Kesamaan effervescent-nya berfungsi sebagai pembilas akhir, menjaga langit-langit mulut Anda supaya tetap segar dan bersih saat Anda melahap kelezatan asin dari kentang goreng," kata Jennifer V. Cole dari Southern Living.

Baca juga : Ini Dia Kombinasi Makanan Sehat Yang Baik Dikonsumsi (dvs/odi)