6 Pola Makan Seleb Hollywood Ini Dianggap Tak Baik Oleh Ahli Nutrisi

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 04 Sep 2018 16:03 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Selebriti Hollywood menerapkan pola makan sehat agar tubuh ramping. Namun pola itu justru dianggap kurang sehat oleh ahli nutrisi.

Banyak cara yang dilakukan selebriti untuk mempertahankan berat badan idealnya. Salah satunya dengan mengikuti beberapa pola makan tertentu.

Namun pola makan yang dianggap menyehatkan sekaligus membuat badan ramping ini justru memiliki beberapa efek negatif. Seperti pola diet yang dilakukan Harry Styles, Beyonce hingga Shailene Woodley ini.

1. Kylie Jenner

6 Pola Makan Seleb Hollywood Ini Dianggap Tak Baik Oleh Ahli NutrisiFoto: Istimewa
Sudah jadi rahasia umum kalau keluarga Kardashians rutin meminum teh detoks. Selain menyehatkan, teh ini juga dinilai ampuh lunturkan lemak dalam tubuh. Sehingga membuat tubuh mereka ramping.

Namun kegunaan teh detoks untuk mendetoksifikasi tubuh justru dibantah oleh seorang ahli nutrisi asal Amerika Serikat, Caroline Apovian.

"Detoksifikasi tubuh ialah proses alami yang dilakukan oleh ginjal. Tak ada makanan atau minuman yang bisa membantu proses ini. Kecuali mengonsumsi sayuran organik, karena semakin sedikit bahan pestisida yang kita konsumsi maka semakin kecil proses detoksifikasi yang harus di lakukan tubuh," jelas Dr. Apovian pada This Is Insider (19/6).

2. Mariah Carey

6 Pola Makan Seleb Hollywood Ini Dianggap Tak Baik Oleh Ahli NutrisiFoto: Istimewa
Diva ini rutin mengonsumsi sayuran berwarna ungu untuk dapatkan berat badan ideal. Buah berwarna ungu memang tinggi akan anthocyanin. Senyawa itu punya beragam khasiat. Tapi akan ada banyak manfaat yang dirasakan tubuh bila memadukan beragam sayur dan buah.

"Lutein dalam tomat dan semangka bisa kurangi risiko kanker prostat dan tingkatkan kesehatan mata, kandungan flavanol di kale dan brokoli, dan lain sebagainya. Melahap sayuran dan buah-buahan berwarna ungu (boleh saja) tapi jangan mengesampingkan bahan lain," jelas Dr Apovian.

Baca juga:Ini Ternyata Makanan Populer Jadi Kesukaan 8 Seleb Hollywood

3. Shailene Woodley

6 Pola Makan Seleb Hollywood Ini Dianggap Tak Baik Oleh Ahli NutrisiFoto: Istimewa
Pemeran utama film Divergent ini sering mengonsumsi tanah liat. Premis dasar dari pola makan ini ialah melahap tanah liat agar tubuh terbebas dari racun.

"Masalah utama dari diet ini ialah tanah liat sangat berbahaya dan mengandung arsenik dan timbal dalam jumlah besar dan tak baik dikonsumsi," jelas Dr Apovian.

4. Beyonce

6 Pola Makan Seleb Hollywood Ini Dianggap Tak Baik Oleh Ahli NutrisiFoto: Istimewa
Beyonce mengikuti pola diet Master Clense. Diet ini umum disebut diet lemon. Nama itu diambil karena orang yang mengikuti pola diet ini wajib mengganti makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi dengan paduan jus lemon, sirup maple, air putih, dan cabe rawit.

Faktanya, diet ini justru tak menyebabkan penurunan berat badan secara permanen. Jangan heran begitu Anda kembali pada pola makan biasa dan tak lagi menjalankan Master Cleanse, tubuh akan kembali melar.

"Metabolisme tubuh juga akan menurun karena kurangnya asupan protein dan Anda bisa menghadapi risiko kekurangan gizi. Fungsi ginjal dalam mendetoksifikasi tubuh juga akan terganggu dengan meminum jus lemon," ungkap Dr Apovian terkait efek samping dari diet Master Clense.

5. Meghan Fox

6 Pola Makan Seleb Hollywood Ini Dianggap Tak Baik Oleh Ahli NutrisiFoto: Istimewa
Aktris cantik ini rutin melahap makanan mentah. Sayuran dan buah-buahan yang tak dimasak jadi menu makannya sehari-hari. Tentunya ini dilakukan agar mendapat tubuh sehat dan ideal.

Namun menurut ahli, mengonsumsi makanan mentah secara rutin justru bisa menyulitkan kinerja usus. Pasalnya makanan mentah sulit dicerna.

Dr Apovian menjelaskan bahwa, "Beberapa makanan mentah sulit dicerna dan tomat yang dimasak dalam waktu sebentar justru membuat nutrisi yang ada di dalamnya mudah diserap oleh tubuh."

6. Harry Styles

6 Pola Makan Seleb Hollywood Ini Dianggap Tak Baik Oleh Ahli NutrisiFoto: Istimewa
Musisi tampan ini ternyata rutin menyesap bulletproof coffee. Bulletproof coffee merupakan kopi yang dipadu dengan mentega dan minyak kelapa. Menu ini sering dijadikan makanan wajib dalam diet paleo dan keto.

Banyak yang beranggapan kalau mengonsumsi bulletproof coffee sebagai sarapan bisa melunturkan lemak dengan cepat. Padahal hal itu belum dibuktikan secara akurat oleh para ahli.

Baca juga: 10 Selebriti Ini Melahap Makanan yang Sama Hampir Setiap Hari (dwa/odi)