Huaah! Asyiknya Disengat Pedas Setan dan Dhemit dari Pacitan

Purwo Sumodiharjo - detikFood Jumat, 31 Agu 2018 09:06 WIB
Foto: Purwo Sumodiharjo /detikcom Foto: Purwo Sumodiharjo /detikcom
Pacitan - Bukan pesel atau soto, Pacitan juga punya jajanan pedas kekinian. Ceker dan sayap ayam super pedas ini enak dimakan hangat.

Nama makanan tersebut terdengar asing di kuping. Bahkan sekilas terkesan menyeramkan. Sebut saja Ceker Setan atau Sayap Dhemit. Bahkan ada menu lain bernama Kepala Iblis. Kayak apa ya rasanya?

Meski serba setan, namun makanan tersebut jauh dari kesan mengerikan. Bahan bakunya adalah daging ayam yang dimasak bumbu lantas dibakar. Kuah super pedas yang ditambahkan membuat cita rasa pedas ekstrem di lidah.

"Idenya dari saya sendiri," kata Ike Pramesti (28) pemilik kios di Jl Ahmad Yani, ruas selatan Alun-alun Pacitan saat berbincang dengan detikcom, Kamis (30/8/2018) sore.


Huaah! Asyiknya Disengat Pedas Setan dan DhemitFoto: Purwo Sumodiharjo /detikcom

Inovasi itu muncul setelah bisnis bakso bakar yang dia tekuni bersama Irawan (35), suaminya, mulai lesu. Ibu satu putri itu pun bereksperimen dengan aneka resep. Setelah yakin memperoleh racikan pas, barulah menu baru tersebut dijajakan.

Untuk memasaknya memang diperlukan proses agak lama. Kepala, sayap, dan ceker ayam mula-mula dibersihkan. Selanjutnya direbus bersama bumbu hingga benar-benar empuk dan matang. "Bumbunya bermacam-macam. Yang pasti ada kunyit. Jadi setelah matang warnanya kekuningan seperti ini," katanya sambil menunjukkan ceker yang ditiriskan usai direbus.

Huaah! Asyiknya Disengat Pedas Setan dan DhemitFoto: Purwo Sumodiharjo /detikcom

Masih ada satu tahap lagi untuk memasak kepala, sayap, dan ceker. Yakni dengan memanggangnya di atas bara api layaknya membuat sate. Sambil terus dipanaskan, ayam yang mulai berubah warna kecokelatan dicelupkan beberapa kali ke dalam campuran bumbu. Kuah ini berbahan baku kecap dan cabe, ketumbar dan bawang.

"Untuk satu botol kecap berisi 600 mililiter, cabenya kira-kira 1 kilogram. Bisa dibayangkan pedasnya kan?" terang Ike soal sensasi pedas menu ciptaannya.

Huaah! Asyiknya Disengat Pedas Setan dan DhemitFoto: Purwo Sumodiharjo /detikcom

Ternyata tak sedikit warga yang sengaja datang untuk memesan menu khas ini. Untuk sepotong kepala iblis dan sayap dhemit dibanderol Rp 5.000. Sedangkan ceker harganya Rp 2.000 per potong. Buat pencinta pedas, bisa mampir ke sini. Sengatan pedas setan dan dhemit bakal bikin Anda ketagihan. Huaah! (odi/odi)