Ada-ada Saja, Orang Konsumsi Kapsul Glitter Agar Fesesnya Berkilauan

Devi Setya - detikFood Selasa, 28 Agu 2018 16:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Unik tapi nyeleneh, entah siapa yang memulai ide ini tapi kini banyak orang mengonsumsi kapsul glitter agar fesesnya terlihat lebih menarik.

Terdengar gila memang tapi ide ini benar-benar dilakukan banyak orang. Dilansir dari BoldSky (28/8) sebuah perusahaan yang berbasis di Ohio menjual kapsul glitter. Namun sebenarnya glitter ini bukan untuk tujuan konsumsi melainkan hanya bahan dekorasi.

Baca juga : Kerlap-kerlip Cantiknya Bagel Glitter Galaxy yang Manis Legit
Ada-ada Saja, Orang Konsumsi Kapsul Glitter Agar Fesesnya BerkilauanFoto: Istimewa
Karena hadir dalam bentuk kapsul, banyak orang penasaran dan lantas mencoba mengonsumsi kapsul ini. Mereka penasaran dengan hasilnya, bukan untuk dampak kesehatan melainkan ingin melihat apakah glitter ini memberi pengaruh pada kotoran atau feses mereka.

Tren ini lantas menimbulkan banyak pertanyaan. Apakah glitter ini aman untuk dikonsumsi?

Menurut sebuah penelitian, glitter tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena ada kemungkinan bahwa itu akan mengganggu sistem pencernaan dan glitter bahkan dapat mengubah produksi hormon. Terlepas dari itu, glitter juga bisa meningkatkan risiko kanker karena bahan utama dari glitter adalah mikroplastik.

Selain berdampak negatif pada kesehatan, para pemerhati lingkungan hidup di seluruh dunia bersikeras bahwa manusia perlu mengurangi penggunaan glitter. Alasannya kilau glitter yang mengalir ke laut sudah sangat berlebihan, jumlahnya 8,ton setiap hari. Ini sama dengan satu truk sampah plastik beracun.
Ada-ada Saja, Orang Konsumsi Kapsul Glitter Agar Fesesnya BerkilauanFoto: Istimewa
Para peneliti kelautan mengungkapkan, kelebihan glitter secara harfiah membunuh kehidupan laut. Hewan laut seperti moluska, dekapoda, echinodermata, ikan, burung laut dan paus secara tak langsung mengonsumsi mikroplastik yang berasal dari glitter.

Baca juga : Apakah Glitter pada Makanan Aman Dikonsumsi?

Jika glitter ini masuk ke dalam sistem pencernaan binatang laut maka akan memicu masalah kesehatan berkepanjangan.

Lain lagi untuk jenis glitter yang memang edible food. Ya, beberapa makanan memang disajikan dengan taburan glitter. Namun glitter ini bukan terbuat dari plastik melainkan dari gula, tepung jagung, maltodekstrin dan pewarna makanan. Perusahaan juga harus mencantumkan komposisi glitter ini dengan jelas.

(sob/odi)