Tak Disangka, Restoran Tua di Jepang Punya Pelayan Robot

Devi Setya - detikFood Minggu, 26 Agu 2018 17:51 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jepang - Jangan dulu anggap remeh restoran tua di Okoyama ini. Meski tua bisa menyuguhkan sensasi makan yang unik dengan pelayan robot yang terampil.

Masyarakat Jepang dikenal sangat kreatif, maka tak heran jika banyak restoran yang hadir dengan konsep keren. Bahkan sebuah restoran yang terkesan tua sekalipun siap memanjakan lidah sekaligus memberi pengalaman bersantap yang tak terlupakan.

Dikabarkan SoraNews (26/8) di Kota Okoyama ada restoran Shinju yang dikenal sebagai restoran tua dengan kesan membosankan. Di bagian depan restoran hanya ada papan yang bertuliskan nama restoran dan spesialisasi restoran okonomiyaki.

Tak Disangka, Restoran Tua di Jepang Punya Pelayan Robot Foto: Istimewa

Baca juga : Ini Sado Robo, Robot Pintar yang Bisa Meracik Teh untuk Upacara Minum Teh Jepang

Memasuki area restoran, pengunjung akan disambut oleh karyawan yang menyapa seraya mempersilahkan duduk. Resto ini mengusung gaya klasik pada desain interiornya.

Saking klasiknya, berada di restoran ini seperti tengah ada di dalam bangunan tahun 1970-an.

Tapi ketika pengunjung mulai memilih menu makanan, sebuah robot akan keluar dari balik tirai dan melontarkan kalimat ramah, "selamat datang." Tak hanya itu, robot ini juga mengantarkan segelas minuman dan handuk hangat.

Tak Disangka, Restoran Tua di Jepang Punya Pelayan Robot Foto: Istimewa

"Terima kasih sudah menunggu, silahkan ambil ini," lanjutnya dalam bahasa Jepang seraya berputar ke arah pengunjung.

Robot ini terlihat seperti robot tipe R2-D2 yang tampil mengenakan topi Minnie Mouse. Robot kembali masuk setelah mengantarkan minuman.

Robot kembali keluar saat mengantarkan makanan pesanan. Meskipun robot melintas tepat di depan meja tamu tapi robot ini sama sekali tidak boleh disentuh. Aturan ini dibuat dengan alasan keamanan.

Shinju adalah restoran okonomiyaki bergaya Kansai. Pelanggan memasak makanan mereka sendiri di atas panggangan datar di setiap meja. Karena itu, robot hanya mengantar bahan mentah dalam mangkuk.

Tak Disangka, Restoran Tua di Jepang Punya Pelayan Robot Foto: Istimewa

Robot secara berkala akan keluar masuk untuk melayani semua pelanggan.

Baca juga : Keren! Makanan di Restoran Ini Dimasak oleh Teknologi Robot Canggih

Menu okonomiyaki paling populer diresto ini adalah Shinju Special yang terdiri dari isian daging babi, udang, cumi-cumi dan katsubushi. Menu ini seharga 700 yen ( Rp 92 ribu).

Resto ini berhasil membuat pelanggan merasa sedikit bingung karena kontras antara dekorasi vintage Shinju yang ketinggalan jaman dan pelayan berteknologi tinggi. Ternyata robot ini sudah puluhan tahun melayani pelanggan di restoran ini. "Robot itu sudah lebih dari 40 tahun melayani," ujar salah satu pelayan restoran. (adr/odi)