Sajian Istimewa Idul Adha

Lagi Siap-siap Bikin Sate? Ikuti Tips Chef Ini agar Sate Empuk Enak

Devi Setya - detikFood Rabu, 22 Agu 2018 16:30 WIB
Foto: dokdetikFood
Jakarta - Sate seolah jadi sajian andalan ketika daging Idul Adha sudah di tangan. Kalau mau bikin sate enak di rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Daging sapi maupun daging kambing memang sama-sama enak dijadikan sate asalkan benar mengolahnya. Membuat sate memang terkesan simpel karena cukup memotong daging, menusukkan lalu membakarnya.

Baca juga : 3 Chef Ini Punya Tips Jitu untuk Mengolah Daging Sapi dan Kambing Agar Empuk

Tekstur daging sapi maupun daging kambing dipengaruhi oleh usia hewan itu sendiri. Chef Stefu mengatakan semakin tua usia sapi atau kambing akan menghasilkan aroma yang semakin sedap tapi tekstur dagingnya lebih alot.

Lagi Siap-siap Bikin Sate? Ikuti Tips Chef Ini agar Sate Empuk EnakFoto: dokdetikFood
"Sebenarnya agak sedikit sulit bikin sate enak yang Kita nggak tau usia hewannya. Karena mempengaruhi teksur dagingnya. Kalo yang tua punya aroma atau flavor enak tapi dagingnya alot. Kalo muda aromanya kurang tapi dagingnya empuk cukup baik," ujar Chef Stefu kepada detikFood.

Chef Stefu juga menyarankan jika ingin sate lebih empuk bisa mengandalkan daun pepaya. "Jarang sekali kita bikin sate dari daging kurban bisa empuk. Jadi sebagian besar orang menggunakan daun pepaya. Daging sapi maupun kambing setelah dipotong lalu ditutupi daun pepaya beberapa saat karena getahnya bisa membuat empuk," lanjut Chef Stefu.

Tapi penggunaan daun pepaya ini juga harus memperkirakan waktunya karena jika terlalu lama akan mempengaruhi rasa daging.

Lain lagi dengan Chef Ragil, untuk menghindari sate yang bertekstur alot, ia menyarankan untuk memotong daging dengan potongan yang tidak terlalu tebal. "Biar sate tidak alot, bisa potongannya jangan terlalu tebal ya. Kalau terlalu tebal daging jadi lebih alot, dan terkadang di dalamnya jadi masih sedikit mentah."

Lagi Siap-siap Bikin Sate? Ikuti Tips Chef Ini agar Sate Empuk EnakFoto: dokdetikFood
Baca juga : Olahan Daging Kambing Lebih Empuk dan Juicy dengan 5 Trik Ini

Chef Ragil juga menyarankan, kalau mau membuat sate sederhana yang enak bisa bikin sate klathak. "Kalau cara buat sate yang sederhana itu, bisa dibuat jadi sate klatak. Bumbunya mudah banget, cuma bawang putih dan bawang merah, jeruk limo, sama garam," jelas Chef Ragil saat dihubungi detikFood.

Untuk menambah aroma dan rasa yang lebih mantap, saat dibakar sate juga bisa diberi bumbu olesan. Chef Ragil menyarankan memberi olesan dari hasil racikan jahe, bawang putih dan kecap. "Supaya lebih gurih bisa tambah margarin," pungkasnya. (dwa/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com