Wow! Whisky Asal Jepang Ini Dijual Seharga Rp 5 Miliar!

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 21 Agu 2018 16:29 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sebotol whisky asal Jepang ini terjual dengan harga yang fantastis. Botol berusia 50 tahun itu terjual sebesar Rp 5 miliar!

Whisky terbaik di dunia ternyata tak hanya ada di Skotlandia. Di wilayah Asia, Jepang didapuk sebagai salah satu produsen whisky terbaik dunia.

Hal ini diterlihat dari hasil pelelangan whisky berharga fantastis yang dilakukan pada jumat lalu. Whisky tersebut milik perusahaan bernama Yamazaki. Yamazaki sendiri merupakan produsen whisky populer di Jepang yang pertama kali didirikan pada tahun 1923.

Wow! Whisky Asal Jepang Ini Dijual Seharga Rp 5 Miliar!Foto: iStock
Bahkan Whisky jenis Single Malt Sherry Cask 2013 milik Yamazaki disebut sebagai whisky terbaik di dunia. Hal itu masuk dalam Whisky Bible 2015 karya kritikus ternama Jim Murray. Whisky itu berhasil mengalahkan 1.000 penantang.

Baca juga: Whisky Terbaik di Dunia Ternyata Ada di Jepang

Tak heran jika Yamazaki punya whisky berusia 50 tahun. Whisky inilah yang dilelang dan berhasil terjual seharga $343.000 (Rp 5 miliar).

"Whisky berusia 50 tahun milik Yamaza ini sangat langka dan spesial, dan saya berharap banyak kolektor yang tertarik," jelas Daniel Lam selaku kepala wine dan whisky Bonham, Hong Kong pada Food & Wine (20/8).

Wow! Whisky Asal Jepang Ini Dijual Seharga Rp 5 Miliar!Foto: YOSHIKAZU TSUNO
Penjualan whisky berharga fantastis ini merupakan kali ketiga yang dilakukan di Jepang. Sebelumnya, rekor whisky termahal jatuh pada whisky milik Karuizawa yang berusia 160 tahun. Mei lalu, whisky dengan nama 'The Dragon' itu terjual sebesar $ 312.130 (Rp 4.5 miliar). Angka tersebut mengalahkan penjualan whisky milik Yamazaki di tahun 2011 yang berusia 50 tahun dan berhasil terjual sebesar $ 299.000 (Rp 4.3 miliar).

Walau mendapat rekor sebagai whisky termahal di Jepang, angka jual whisky terbaru Yamazaki ini belum mengalahkan whisky termahal di dunia.

Karena whisky termahal di dunia diraih oleh The Macallan Valerio Adami 1926. Whisky berusia 60 tahun itu terjual seharga $ 1.1 juta (Rp16 miliar).

Baca juga: Whisky Vintage Berusia 50 Tahun Ini Diharga Rp 500 Juta Per Botolnya (dwa/odi)