Terungkap! Ini Alasan Banyak Gerai Fast Food Pakai Warna Kuning pada Logonya

Devi Setya, Devi Setya - detikFood Senin, 20 Agu 2018 10:48 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Pemilihan warna logo gerai fast food ternyata tidak sembarangan. Ada alasan psikologis yang membuat warna kuning jadi favorit.

Salah satu strategi marketing gerai fast food adalah lewat warna logonya. Ini seolah menjawab alasan kenapa banyak gerai fast food yang menggunakan warna kuning pada logo restorannya.

Dilansir dari Metro (20/8) coba saja lihat logo McDonald's, Burger King, Pizza Hut dan beberapa gerai fast food lainnya, semua kompak menggunakan unsur warna kuning.
Terungkap! Ini Alasan Banyak Gerai Fast Food Pakai Warna Kuning pada LogonyaFoto: Istimewa
Baca juga : 6 Logo Produk Makanan Ini Punya Pesan Tersembunyi

Berdasarkan penelitian, kebanyakan orang bisa mengambil keputusan untuk membeli sesuatu hanya dalam 90 detik. Sebanyak 62 persen hingga 90 persen orang secara tak sadar memutuskan membeli sesuatu karena melihat warnanya.

Warna merupakan faktor penting yang tak dapat disangkal ketika menyangkut pemasaran, jadi masuk akal jika sebuah perusahaan menggunakan warna sebagai alat menggaet pembeli.

Lantas, kenapa warna kuning? Ternyata warna kuning memiliki sifat membuat nyaman. Makanan cepat saji juga memiliki sifat yang sama yakni membuat nyaman, cepat dan terjamin.

Selain itu warna kuning juga cenderung mudah dikenali dan mengundang perasaan bahagia. Warna kuning cerah juga terlihat mencolok di siang hari.

"Teknik pemasaran sangat erat hubungannya dengan emosional," kata Nikki Hesford, penasihat pemasaran dan pendiri Akademi Bisnis
Terungkap! Ini Alasan Banyak Gerai Fast Food Pakai Warna Kuning pada LogonyaFoto: Istimewa
Baca juga : Logo Junk Food Juga Pengaruhi Pola Makan Anak

"Warna memainkan peran utama dalam hal ini, karena orang-orang tanpa sadar sudah diajak membeli produk ini. Misalnya pada bisnis makanan sehat, orang akan cenderung memilih produk dengan logo berwarna hijau," lanjut Hesford.

Selain warna kuning, ada juga warna lain yang menarik yakni merah. Warna kuning dan merah selalu diidentikkan dengan saus dan mustard. Banyak orang langsung membayangkan makanan seperti hot dog, kentang goreng, nugget yang semuanya enak dimakan bersama saus dan mustard. (dvs/odi)