Demi Kenyamanan, Resto Ini Larang Pengunjung Bawa Anak Di Atas Jam 5 Sore

Dewi Anggraini - detikFood Sabtu, 18 Agu 2018 17:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sebuah restoran di Jerman mendapat kecaman karena berlakukan peraturan baru. Restoran itu tak mengizinkan anak-anak berkunjung di atas jam 5 sore.

Tak semua restoran ramah anak. Banyak restoran yang memberlakukan banyak peraturan jika Anda membawa si kecil ke sana. Mulai dari tak memberikan kursi makan khusus anak hingga melarang anak-anak menangis selama bersantap di dalam restoran.

Tapi restoran di Jerman ini justru terang-terangan tak menerima anak-anak sebagai pengunjung. Peraturan tersebut diberlakukan restoran bernama Oma's Küche. Restoran itu tak ingin makan malam pengunjung terganggu karena celoteh anak. Karenanya, anak-anak tak diperbolehkan berkunjung di atas jam 5 sore.
Demi Kenyamanan, Resto Ini Larang Pengunjung Bawa Anak Di Atas Jam 5 SoreFoto: Istimewa
Baca juga: Waduh! Restoran Ini Tak Siapkan Kursi Khusus Anak dan Larang Anak Menangis

Padahal Oma's Küche sendiri memiliki arti Dapur Nenek. Berdasarkan keterangan pemilik restoran, peraturan ini dibuat agar pengunjung tak terganggu. Pasalnya banyak orang tua yang kesulitan menangani anaknya saat makan di restoran.

Selain itu, banyak anak-anak yang merusak fasilitas restoran. Seperti merusak dekorasi hingga foto antik yang terpasang. Serta yang paling sering terjadi ialah menumpahkan minuman dan merobek taplak meja.

"Kami sudah memikirkan hal ini sejak lama. Entah bagaimana kami sudah mencapai titik di mana Anda bisa berkata: Ini tak bisa terus berlanjut," tutur Rudolf Markl pada Independent UK (17/8).
Demi Kenyamanan, Resto Ini Larang Pengunjung Bawa Anak Di Atas Jam 5 SoreFoto: Istimewa
Menurutnya peraturan ini tak mendiskreditkan anak-anak nakal. Namun lebih ke orangtua yang tak tak peduli dengan apa yang dilakukan anaknya di restoran. Mereka dianggap berperilaku acuh tak acuh dan tetap melahap hidangan yang tersaji. Walaupun sang anak menggangu pengunjung lain dan merusak fasilitas yang ada.

Mebih lanjut Markl mengungkap kalau peraturan ini bisa menjadi 'oasis perdamaian'. Karena sudah banyak pengunjung yang menerima dan mendukung peraturan yang ia buat.

Sayangnya banyak netizen yang memprotes peraturan yang diberlakukan Markl. Baik lewat media sosial maupun media massa di Jerman. Bahkan banyak orang yang mengatakan jika Markl tak punya belas kasih.

Baca juga: Mau Ajak Anak Makan di Luar? Ini 7 Ciri Restoran Ramah Anak (sob/odi)