Terbaik dari Indonesia

Solong, Warkop Legendaris Tempat Nongkrong Paling Populer di Aceh

Asgus Setyadi - detikFood Kamis, 16 Agu 2018 12:24 WIB
Foto: dok. detikFood/Asgus Setyadi Foto: dok. detikFood/Asgus Setyadi
FOKUS BERITA Terbaik dari Indonesia
Aceh - Mampir ke Banda Aceh, belum lengkap jika belum menikmati kopinya. Kopi Solong pun menjadi salah satu favorit warga Tanah Rencong. Di kedai kopi legendaris ini masyarakat lokal hingga menteri menikmati kopi.

Warung kopi Solong terletak di Ulee Kareng, Banda Aceh. Kedai kopi dua pintu ini mulai buka sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Di sini, tersedia kopi hitam biasa, sanger (kopi dengan campuran susu dan sedikit gula), dan kopi racikan lainnya.

Baca Juga: Sudah Ngopi Belum? Nih Kopi Solong yang Sedap di Aceh

Khusus untuk kopi, kopi Solong punya cita rasa dan aroma yang unik. Warna hitamnya kopi tidak terlalu pekat, namun rasa pahitnya cukup kental saat menyentuh lidah. Aroma kopinya juga tidak sekuat kopi-kopi lainnya. Untuk harga kopi sendiri dijual Rp 7.000 per gelas.
Solong, Warkop Legendaris Tempat Nongkrong Paling Populer di AcehFoto: dok. detikFood/Asgus Setyadi
Di sini, selain ngopi, pengunjung juga disuguhkan dengan kudapan seperti gorengan dan makanan ringan lainnya. Di depan warung, juga tersedia beragam makanan seperti lontong, nasi dan lainnya. Pengunjung tinggal pesan pada pelayan warung.

"Saya datang ngopi ke sini penasaran setelah mendapat rekomendasi dari teman. Begitu tiba di Aceh saya kemudian kemari dan rasa kopi di sini agak beda. Pahitnya lebih terasa," kata seorang pengunjung warung kopi Solong, Anto Herianto yang mengaku asal Medan, saat ditemui detikcom, Kamis (16/8/2018).

Anto mengaku melancong ke Aceh bersama beberapa temannya sejak dua hari lalu. Di Banda Aceh, dia sudah beberapa kali ngopi di Solong. Menurutnya, aroma kopi di warung yang sudah buka sejak 1974 itu berbeda dengan warung kopi di luar Aceh.

"Saya nanti waktu pulang juga berencana beli bubuk kopi di sini," jelas Anto.
Solong, Warkop Legendaris Tempat Nongkrong Paling Populer di AcehFoto: dok. detikFood/Asgus Setyadi
Sementara seorang warga Banda Aceh, Rahmat Fajri, mengaku sering nongkrong di warung kopi Solong. Bahkan jika ada tamu datang dari luar, dia membawanya ke warung kopi legendaris tersebut.

"Kopinya enak agak sedikit keras dan rasa pahit kopinya juga terasa. Mantap rasa," jelas Fajri.

Menurutnya, rasa kopi Solong lebih terasa enak jika dipesan pancong. Maksud pancong di sini yaitu isi kopinya setengah gelas dan harganya juga lebih murah.

"Apalagi kalau pancong, rasanya kopinya lebih nikmat lagi karena kopinya lebih kental," ungkap Fajri.

Warung kopi Solong sebenarnya bernama Jasa Ayah dan sudah ada sejak tahun 1974. Waktu itu hanya ada beberapa warung kopi di Banda Aceh. Warung kopi Solong yang berada di kawasan Simpang Tujung Ulee Kareng, Banda Aceh dahulu tak seramai sekarang.

Warung kopi yang kini dikelola Haji Nawawi, generasi kedua pemilik Solong Coffee, ini mulai terkenal sejak tahun 90 an. Kini, jika ada tamu dari luar termasuk pejabat dari Jakarta kerap singgah dan ngopi di Solong. Di antara yang pernah ngopi di sana yaitu Anies Baswedan saat menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Rizal Ramli, dan Agus Harimurti Yudhoyono.

Baca Juga: Hmmmm....Sedapnya, Kopi Solong Aceh Ulee Kareng!




Tonton juga 'Dari Sini Kopi Aceh Itu Melegenda':

[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)
FOKUS BERITA Terbaik dari Indonesia