Mantap Sedapnya! Mangut Lele Bu Is Ditambah Trancam Sayuran

Hanifah Ludfiana - detikFood Rabu, 15 Agu 2018 13:10 WIB
Foto: Hanifah Ludfiana/detikcom
FOKUS BERITA Terbaik dari Indonesia
Bantul - Di Bantul bukan hanya ada mie godok Jawa, tetapi juga mangut lele enak. Mangut lele racikan bu Is ini sudah dikenal lebih dari 50 tahun. Juara sedapnya!

Ikan lele dan belut memang banyak ditbudayakan di kawasan Sleman dan Bantul, Jogjakarta. Ini karena daerah ini merupakan daerah persawahan yang masih asri. Belum lengkap ke Bantul kalau belum mampir makan mangut lele Warung Bu Is.

Hampir semua orang di Bantul kenal warung ini. Maklum saja, warung makan dengan andalan mangut lele ini sudah dikenal sejak tahun 1970 an. Lokasinya di Jl. Imogiri Barat KM. 12 Dusun Jetis, Desa Sumber Agung, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul. Kini bukan hanya warga Jogja saja, warga di luar daerah juga kenal warung bu Is.


Mantap Sedapnya! Mangut Lele Bu Is Ditambah Trancam SayuranFoto: Hanifah Ludfiana/detikcom

Mangut lele memang ada 2 versi. Lelenya digoreng dan lele yang dibakar atau diasap dengan bara api. Dengan resep yang turun temurun yaitu dari ibu mertuanya. Ari Astuti sebagai generasi penerus masih mempertahankan resep mengut lele. Sejak pertama dijual hingga sekarang.

Cara memasak yang juga masih tradisional memakai kayu bakar masih tetap dipakai. Karena diyakini bisa membuat makanan jadi lebih enak. Sebelum dimasak lele dbersihkan, kemudian digoreng hingga agak kering.

Mantap Sedapnya! Mangut Lele Bu Is Ditambah Trancam SayuranFoto: Hanifah Ludfiana/detikcom

Setelah itu barulah dimasak dengan kuah santan yang sudah diberi bumbu. Bumbu halusnya terdiri dari bawang putih, bawang merah, daun salam, laos, cabai, garam, kencur, dan jahe.

"Memang yang paling diincar di sini adalah lalapannya. Kami sediakan banyak lalapan supaya makan mangut lelenya tambah nikmat dan terasa segar," kata Ari Astuti.

Jika Anda memesan satu porsi nasi mangut lele, sudah otomatis Anda akan di suguhi lalapannya. Ada daun pepaya, daun bayam, kecambah, kemangi, kecipir, daun utas, dan daun puyang. Anda juga bisa mencampur sayur-sayur tersebut dengan kelapa parut berbumbu sehingga jadilah trancam.

Mantap Sedapnya! Mangut Lele Bu Is Ditambah Trancam SayuranFoto: Hanifah Ludfiana/detikcom

Tak hanya lalapan, sambal terasi dan oseng-oseng lombok ijo (cabe hijau) di Warung Mangut Lele Bu Is ini juga wajib Anda coba. Pedasnya juara! Tentunya tak hanya mangut lele yang ada di warung ini. Ada juga lele goreng, ayam goreng, dan mangut ayam. Serta ada tahu dan tempe bacem. Cukup mudah

untuk menemukan lokasi Warung Bu Is ini. Dari pusat kota Yogyakarta Anda bisa mengambil jalan ke arah perempatan Jetis Bantul, tepat di sebelah timur sebelum perempatan Jetis, sudah terlihat Warung Mangut Lele Bu Is.

Mantap Sedapnya! Mangut Lele Bu Is Ditambah Trancam SayuranFoto: Hanifah Ludfiana/detikcom

Warung ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB. Untuk satu porsi nasi mangut lele, lengkap dengan lalapannya, harganya hanya Rp 20.000 saja! Kalau mampir ke Yogyakarta, jangan sellau makan gudeg, cicipi mangut lele bu Is yang mantap ini.




Tonton juga video: 'Mantap! Sedapnya Mangut Lele Buatan Bu Is Jetis di Bantul'

[Gambas:Video 20detik]

(odi/odi)
FOKUS BERITA Terbaik dari Indonesia