Di Supermarket Ini Pisang dengan Tingkat Kematangan Berbeda Dikemas Jadi Satu

Sonia Basoni - detikFood Senin, 13 Agu 2018 19:03 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tingkat kematangan pisang memang berbeda-beda. Supermarket ini, punya cara unik untuk mengemas buah pisang dengan tingkat kematangan yang berbeda.

Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis, membuat buah yang satu ini digemari banyak orang. Selain itu pisang mengandung vitamin B6 dan kaya serat. Nutrisinya sangat baik untuk tubuh.

Baca Juga: Pisang Berhantu Jadi Tren 'Prank' Makanan Terbaru
Di Supermarket Ini  Pisang dengan Tingkat Kematangan Berbeda Dikemas Jadi SatuFoto: Istimewa
Buah pisang sendiri memiliki 15 tingkat kematangan, setiap tingkat kematangan ini memiliki proses waktu yang singkat. Apalagi jika pisang tidak digantung, sehingga proses perubahan warnanya menjadi lebih cepat.

Tapi sebuah supermarket di Korea Selatan, punya cara untuk menyiasati hal ini. Untuk mengurangi potensi buah pisang yang dibuang karena terlalu matang atau busuk, supermarket ini mengemas buah pisang dengan tingkat kematangan yang berbeda.
Di Supermarket Ini  Pisang dengan Tingkat Kematangan Berbeda Dikemas Jadi SatuFoto: Twitter @AskAKorean
"Jenius! E-Mart di Korea kini menjual 'Satu Hari Satu Pisang' (One a Day Banana), kemasan buah ini berisi 6 pisang dengan tingkat kematangan berbeda. Sehingga Anda bisa mengonsumsinya dalam beberapa hari," tulis akun Twitter @AskAKorean.

Unggahan ini lengkap dengan kemasan 6 buah pisang dengan warna berbeda. E-Mart sendiri merupakan salah satu gerai supermarket ternama di Korea, yang menjual berbagai sayuran dan buah-buahan segar.

Buah pisang sengaja diatur dari tingkat kematangan yang pas, hingga yang masih mentah dan warnanya masih hijau. Kemasan pisang 'One a Day Banana' ini dibuat, agar konsumen bisa menikmati buah pisang dengan tingkat kematangan yang pas setiap harinya. Sehingga tidak ada buah pisang yang membusuk, dan terbuang sia-sia.
Di Supermarket Ini  Pisang dengan Tingkat Kematangan Berbeda Dikemas Jadi SatuFoto: Istimewa
Viralnya unggahan ini di Twitter mendapatkan respon yang beragam dari netizen. Ada yang memuji ide cemerlang ini, ada juga yang mengkritik karena E-Mart menggunakan kemasan plastik yang justru akan menambah limbah plastik di lingkungan.

Ini bukan pertama kalinya buah pisang menciptakan perdebatan di media sosial, sebelumnya banyak netizen yang berdebat tentang tingkat kematangan buah pisang yang paling baik untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Netizen Berdebat Soal Tingkat Kematangan Pisang yang Paling Enak



Tonton juga video: 'Nyam! Deretan Makanan Enak di Supermarket Timur Tengah'

[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)