Tak Ingin Ikan Tuna Cepat Punah, Perusahaan Ini Buat Tuna Vegan

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 08 Agu 2018 13:45 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kurangi eksploitasi ikan tuna di laut, perusahaan ini buat ikan tuna vegan. Ikan tunanya punya rasa dan tekstur yang sama seperti ikan tuna sungguhan.

Good Catch akan mengeluarkan 'tuna kaleng' berbasis tumbuhan. Good Catch sendiri merupakan sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang mengkhususkan diri untuk membuat makanan olahan laut berbasis tumbuhan.

Akhir tahun ini, perusahan itu akan mengeluarkan ikan tuna vegan kaleng. Ikan tuna tersebut terbuat dari 6 jenis kacang-kacangan. Mulai dari buncis, miju-miju hingga kacang fava. Semua kacang-kacangan itu dipakai untuk menghasilkan tekstur yang sama seperti daging ikan tuna sungguhan. Selain itu, olahan kacang juga bisa bertahan selama berbulan-bulan bila diletakkan dalam kaleng kemasan.

Tak Ingin Ikan Tuna Cepat Punah, Perusahaan Ini Buat Tuna VeganFoto: Goodcatchfood
Untuk mendapatkan rasa serta manfaat yang dimiliki ikan tuna, Good Catch menambahkan omega 3 dalam bentuk minyak alga. Sehingga pembeli tak hanya mendapatkan rasa yang sama tapi juga kandungan gizi yang didapat jika konsumsi ikan tuna sungguhan.

Baca juga: 5 Restoran di Hongkong Ini Sajikan Makanan Vegetarian yang Berkelas

Kreasi ikan tuna kalengan milik Good Catch ini juga dianggap lebih unggul dibanding ikan tuna sungguhan. Dikutip dari Foodbeast (8/9), ikan tuna vegan aman dari merkuri, racun logam, dan bau amis menyengat.

Perusahaan itu berharap produknya punya dampak positif pada habitat ikan tuna di laut secara global. Berdasarkan keterangan Food and Agricultural Organization dunia, saat ini sebanyak 85% spesies ikan dieksploitasi secara berlebihan. Sehingga Good Catch melihat hal ini sebagai masalah yang cukup besar.

Tak Ingin Ikan Tuna Cepat Punah, Perusahaan Ini Buat Tuna VeganFoto: Goodcatchfood
Recananya, produk nabati ini akan dirilis pada Demsember 2018. Akan ada beberapa varian ikan tuna vegan. Mulai dari rasa Naked (original), Mediteranean, dan Olive Oil berempah.

Sebenarnya kreasi tuna vegan sudah pernah dilakukan oleh Whole Food Market cabang New York dan Los Angeles, AS. Supermarket itu mengeluarkan sushi ikan tuna yang terbuat dari tomat yang disebut Ahimi.

Ahimi sendiri terbuat dari tomat, shoyu, gula, minyak wijen, dan air. Semua bahan tadi diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan warna dan tekstur yang sama seperti potongan ikan tuna pada sushi. Karena pemakaian tomat, tuna vegan ini punya jejak rasa manis tomat.

Baca juga: Supermarket Ini Bikin Tuna Sushi untuk Vegetarian dengan Bahan Tomat! (dwa/odi)