Ini Resep 'Mashed Potato' Joel Robuchon yang Populer di Dunia

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 08 Agu 2018 13:20 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Meskipun sudah tiada namun resep-resep masakan chef Joel Robuchon jadi warisan berharga. Termasuk resep Mashed Potato yang disebut paling populer se dunia.

Chef ternama di dunia ini meninggal dunia di Swiss, Senin (6/8) pagi waktu Swiss karena sakit kanker. Kepergiannya menyebabkan duka mendalam di kalang chef ternama dunia.

Reputasinya mempopulerkan hidangan Prancis ke seluruh dunia tak diragukan lagi. Melalui restoran-restoran yang dimilikinya di berbagai negara ia memperkenalkan kuliner Prancis dalam kualitas terbaik.

Meski sederhana, Mashed Potato atau kentang tumbuk buatannya dikenal sebagai yang terenak di dunia. Joel Robuchon hanya memakai 4 bahan. Kentang, mentega, garam dan susu cair.


Ini Resep 'Mashed Potato' Joel Robuchon yang Populer di DuniaFoto: Istimewa

Mau bikin Mashed Potato seenak bikinan mendiang Chef Joel Robuchon. Berikut ini resep Mashed Potato yang diambil dari bukunya 'The Complete Robuchon'.

1. Bahan yang perlu disiapkan berupa 1 kg kentang, garam kasar secukupnya, 250 g mentega yang dipotong dadu dan disimpan dalam kulkas. 250 ml susu cair. Merica bubuk dan garam sebagai peras.

2. Jenis kentang tua yang bagus kualitasnya seperti kentang Belanda bisa dipakai. Sikat bersih kulit kentang, tetapi jangan dikupas.

Ini Resep 'Mashed Potato' Joel Robuchon yang Populer di DuniaFoto: iStock

3. Siapkan 2 liter air dingin, masukkan kentang bersama 1 sdm garam ke dalamnya. Rebus dengan api kecil, tutup panci dan masak hingga kentang empuk, sekitar 25 menit.

4. Tiriskan kentang, saat masih panas, kupas kulit kentang. Taruh dalam saringan kentang, haluskan kentang dan tampung dalam panci. Aduk-aduk beberapa saat.

Ini Resep 'Mashed Potato' Joel Robuchon yang Populer di DuniaFoto: Istimewa

5. Buang air perebus kentang, tuangkan susu dan didihkan. Taruh panci berisi kentang lumat di atas api sedang, masukkan potongan mentega dingin, aduk hingga meleleh dan menyatu lembut dengan kentang.

6. Tuangkan susu panas sedikit-sedikit sambil aduk terus hingga rata dan terserap oleh kentang. Bubuhi merica dan garam. 8. Jika ingin tekstur lebih creamy dan halus, saring kentang halus ini sebelum disajikan.

(odi/odi)