Dengan Uang Rp 1.4 Juta Berapa Banyak Makanan Bisa Dibeli di 7 Negara Dunia?

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 03 Agu 2018 20:10 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Dengan uang sebesar Rp 1.4 juta, Anda bisa mencukupi kebutuhan pangan selama 35 hari di Ukraina dan selama 6 hari di Amerika Utara. Gimana dengan negara lain?

Tiap negara tak hanya punya pola makan yang berbeda. Tapi juga punya harga jual dan daya beli masyarakat akan makanan yang berbeda.

Karenanya sebuah penelitian mencoba mengungkap bagaimana perbedaan hal ini di beberapa negara. Penelitian ini dilakukan oleh situs leteracy keuangan bernama WalletWyse.

Pihaknya membandingkan pengeluaran konsumsi makanan di 7 benua. Mulai dari Oceania, Afrika, Afrika Selatan, Timur Tengah, Asia, Amerika Utara, dan Eropa.

Dengan Uang Rp 1.4 Juta Berapa Banyak Makanan Bisa Dibeli di 7 Negara Dunia?Foto: Istock
Para peneliti hanya membelanjakan uang sebesar $100 (Rp 1.4 juta) di tiap negara. Kemudian menghitung berapa hari uang tersebut bisa mencukupi kebutuhan makannya di beberapa negara.

Baca juga: Ini 9 Perbedaan Pola Makan dan Makanan Orang Jepang dan Amerika https://food.detik.com/info-kuliner/d-3989939/ini-9-perbedaan-pola-makan-dan-makanan-orang-jepang-dan-amerika

Dilansir Thrillist (2/8), hasilnya, di negara maju seperti Swiss apalagi di kota Basel, uang sebesar itu hanya cukup membeli makan selama lima hari. Padahal dengan jumlah yang sama, peneliti bisa membeli makan selama 35 hari di kota Sumy, Ukraina.

Berbeda dengan wilayah seperti Tel Avis, San Diego, Dublin, dan Singapura. Di sana, uang sebesar Rp 1.4 juta bisa dipakai untuk membeli makan selama 10 hari.

Dengan Uang Rp 1.4 Juta Berapa Banyak Makanan Bisa Dibeli di 7 Negara Dunia?Foto: Istock
Ini menunjukan jika Asia dan Afrika merupakan tempat yang sangat murah untuk ditinggali pecinta makanan. Sedangkan total belanja makanan terbesar ada di wilayah Amerika Utara.

Di butuhkan dana lebih untuk belanja kebutuhan makan di kota Anchorage, New York, dan San Francisco. Uang sebesar Rp 1.4 juta hanya bisa digunakan selama enam hari. Sedangkan di wilayah Dallas, Detroit, dan Phoenix bisa dibilang lebih manusiawi.

Ini karena uang sebesar Rp 1.4 juta bisa dibelanjakan untuk kebutuhan makan selama 11 hari. Hal ini menunjukan kalau harga makanan di wilayah Swiss dan Amerika Utara punya harga yang lebih mahal dibanding negara lain.

Baca juga: Inilah Rata-rata Harga Kebutuhan Pokok di 11 Negara (1) (dwa/odi)