Dim Sum Populer

Sebelum Beli Dim Sum Beku yang Praktis, Perhatikan 5 Hal Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 27 Jul 2018 17:11 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Dim Sum Populer
Jakarta - Dim sum beku jadi alternatif olahan dim sum yang enak dan praktis. Pastikan memperhatikan hal ini saat memilih hingga mengolah dim sum beku.

Seperti halnya dim sum di restoran, pilihan dim sum beku kini sangat beragam. Ada varian dim sum kukus dan goreng yang mudah diolah dalam waktu singkat.

Aneka dim sum beku bisa didapat di gerai online, supermarket maupun pasar. Kalau mau membeli dan mengolahnya, simak dulu beberapa tips ini.

Baca Juga: Mau Stok Dim Sum di Rumah? 5 Online Shop Ini Jual Dim Sum Frozen

Sebelum Beli Dim Sum Beku yang Praktis, Perhatikan 5 Hal IniFoto: iStock

1. Jenis
Varian dim sum beku ada banyak. Dari dim sum kukus ada siu may, har gow, dan pao yang umum dijumpai di pasaran. Khusus untuk siu may, ada yang dibuat dari ayam dan seafood seperti udang. Sementara untuk dim sum goreng, siu may dan wonton paling jadi favorit. Pastikan memilih dim sum dari produsen terpercaya, beberapa bahkan sudah mengantongi sertifikat halal. Lebih disarankan memilih dim sum kemasan dibanding curah karena ada informasi tanggal kedaluwarsa yang penting diperhatikan.

2. Mengukus dim sum
Untuk mengukus dim sum bisa memakai panci kukusan, rice cooker, atau klakat bambu. Caranya cukup taruh dim sum dalam piring tahan panas atau langsung taruh dalam panci. Kukus selama kurang lebih 5 menit. Hindari mengukusnya terlalu lama karena dim sum justru akan kering. Kukus dalam jumlah seperlunya dulu agar cita rasanya maksimal saat dihidangkan. Pasalnya dim sum yang dibiarkan terlalu lama disuhu ruang, kadar juicy-nya akan berkurang.

Sebelum Beli Dim Sum Beku yang Praktis, Perhatikan 5 Hal IniFoto: iStock

3. Menggoreng dim sum
Kalau untuk menggoreng dim sum, gunakan minyak panas dan banyak dengan api sedang. Goreng hingga kekuningan lalu angkat dan tiriskan. Dim sum goreng juga sebaiknya disajikan secukupnya dulu agar tak bersisa dan malah berujung tidak renyah.

4. Menyajikan dim sum
Baik dim sum kukus maupun goreng bisa disajikan dengam bumbu pelengkap. Ada saus cabai, mayonnaise dan soy sauce sebagai pilihan. Bisa juga membuat saus kecap asin dengan irisan cabai rawit.

Sebelum Beli Dim Sum Beku yang Praktis, Perhatikan 5 Hal IniFoto: iStock

5. Menyimpan stok dim sum
Untuk menyimpan dim sum beku, pilih tempat yang suhunya dingin seperti kulkas atau cooler box. Jangan menaruh dim sum beku yang segera diolah di suhu ruang terlalu lama. Hal ini bisa membuat kualitas dim sum menurun karena panas memicu tumbuhnya bakteri sehingga dim sum mudah basi. Selain itu, tekstur dim sum juga jadi lembek dan rasanya mungkin berubah.

Baca Juga: Mampir ke Resto Dim Sum Jangan Lupa Cicip 8 Dim Sum Klasik Ini (adr/odi)
FOKUS BERITA Dim Sum Populer