Dim Sum Populer

Kalau Mau Makan Dim Sum Kayak Orang Hong Kong, Ini Aturannya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 26 Jul 2018 16:20 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Dim Sum Populer
Jakarta - Kalau mau makan dim sum layaknya orang Hong Kong, ada hal yang perlu dipelajari. Mulai dari aturan pemakaian sumpit hingga kode rahasia untuk bilang terima kasih.

Chef Chan Yan-tak menjadi chef China pertama yang restorannya meraih tiga bintang Michelin. Ia kini menjadi Executive Chef untuk restoran Lung King Heen di Four Seasons, Hong Kong. Kepada South China Morning Post (26/7), Yan-tak menjelaskan soal aturan makan dim sum ala orang Hong Kong.

1. Gigit, jangan melahap langsung

Kalau Mau Makan Dim Sum Kayak Orang Hong Kong, Ini AturannyaFoto: iStock

Meski ukurannya mungil, orang Hong Kong tidak melahap langsung semua dim sum. "Lebih baik gigit sedikit dibanding makan seluruh potongan dim sum dalam sekali makan," kata Yan-tak. Menurutnya cita rasa dim sum lebih enak saat dimakan perlahan. "Pada xialongbao, ambil sedikit bagian ujung bawah dimana kulit pangsitnya terlipat bersama. Paling bagus menggigit sedikit dan biarkan dumpling ini sedikit dingin sebelum digigit kembali," katanya. Pasalnya kaldu dalam xialongbao sangat panas sehingga jika dimakan sekaligus, mulut bisa terbakar.

2. Jangan menambahkan banyak soy sauce
Yan-tak juga menyoroti penggunaan soy sauce. Kebanyakan restoran dim sum Hong Kong sudah membumbui dim sum-nya sehingga Anda tak perlu menambahkan ekstra soy sauce. "Namun itu tergantung selera tiap orang.

Beberapa orang suka dim sum lebih asin atau lebih pedas," kata Yan-tak. Ia sendiri mengaku tak suka menambahkan banyak bumbu. "Saya rasa orang asing lebih pilih rasa kuat. Yang mereka pikir enak kemungkinan terlalu asin atau kuat untuk lidah kami. Dan yang kami suka mungkin dianggap terlalu hambar untuk mereka," lanjut Yan-tak.

3. Pemakaian sendok

Kalau Mau Makan Dim Sum Kayak Orang Hong Kong, Ini AturannyaFoto: iStock

Alat makan utama dim sum adalah sumpit, namun sendok bisa dipakai sebagai alat makan bantu. Saat makan dim sum bertulang seperti ceker ayam atau fung zao, taruhlah di sendok lalu arahkan ke mulur dengan sumput.

"Pertama gigit bagian yang penuh daging lalu menyusuri ke tulangnya. Setelah itu, Anda bisa membuang tulangnya ke piring," jelas Yan-tak. Restoran fine dining umumnya mengganti piring tiap sesi makan. Yan-tak menambahkan, "Kalau Anda makan di dai pai dong (gerai makanan tradisional Hong Kong), di sana tidak ada etiket. Anda bisa makan pakai tangan dan taruh tulang di taplak meja makan. Nikmati saja dim sum."

4. Sumpit untuk diri sendiri
Yang juga penting diperhatikan adalah sumpit. "Jangan mengambilkan makanan orang lain dengan sumpit Anda. Aturannya sederhana, beberapa orang tidak ingin berbagi ldah dengan Anda," lanjut Yan-tak.

Ia juga merekomendasikan untuk minta alat makan khusus untuk mengambil makanan sehingga lebih bersih. Yan-tak mengingatkan untuk tak main-main dengan sumpit seperti menggigit sumpit.

5. Pelajari kode rahasia

Kalau Mau Makan Dim Sum Kayak Orang Hong Kong, Ini AturannyaFoto: iStock

Untuk mengucapkan terima kasih, ada kode yang bisa dipraktekkan. "Ketuk jari telunjuk dan tengah bersamaan dua kali di meja. Ini menandakan ucapan terima kasih," jelas Yan-tak.

Kalau mau minta isi teh atau air panas yang sudah habis, pindahkan tutup teko teh dan pelanggan akan datang untuk mengisi kembali minuman Anda.

6. Jangan pesan berlebihan
Ingatlah untuk selalu memesan secukupnya. Yan-tak berujar, "Tidak ada rekomendasi berapa banyak Anda harus memesan dim sum, pesanlah sesuai keinginan hingga Anda kenyang." Tak perlu memesan berlebihan di awal karena Anda bisa memesannya nanti kembali sesuai kebutuhan. Tidak disarankan pula membawa pulang dim sum karena kalau dihangatkan di rumah memakai microwave, rasanya akan berubah.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Dim Sum Populer