Dim Sum Populer

Mau Makan Dim Sum? Begini Aturan Makannya

Devi Setya - detikFood Rabu, 25 Jul 2018 12:18 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Dim Sum Populer
Jakarta - Meskipun kelihatannya sepele, tapi menyantap dim sum juga ada aturannya. Jangan asal lahap, perhatikan juga jenis, cara makan hingga teh pendampingnya.

Karena ukurannya yang kecil dan bentuknya beragam, banyak orang kalap saat menikmati dim sum. Semakin menarik bentuk dim sum maka akan disantap duluan, padahal dim sum akan lebih nikmat kalau dimakan secara berurutan sesuai jenisnya.

Lantas seperti apa saja tata cara makan dim sum yang benar? Berikut lima hal yang harus diperhatikan.

Baca juga : Mau Makan Dim Sum di Restoran? Pelajari Dulu Tata Cara Makannya (1)

1. Pesan dengan jumlah porsi yang sesuai
Mau Makan Dim Sum? Begini Aturan MakannyaFoto: Istimewa
Ukuran dim sum yang mini membuat orang kadang sulit menakar porsi yang pas. Sebaiknya jangan langsung memesan dim sum dalam jumlah banyak di awal. Karena setiap saat Anda bisa menambah pesanan jika mau.

Pesanlah beberapa jenis dimsum dengan porsi yang disesuaikan dengan jumlah orang yang menyantap. Idealnya untuk satu orang bisa memesan dua porsi dimsum.

2. Pilih jenis dim sum yang bervariasi
Mau Makan Dim Sum? Begini Aturan MakannyaFoto: Istimewa
Tidak ada aturan baku yang mengharuskan orang makan jenis dim sum apa. Dim sum bisa bebas dipesan sesuai selera. Supaya bervariasi pilih dim sum yang dikukus dan digoreng lalu pesan juga dim sum asin serta dim sum manis.

Seporsi dim sum berisi 3-4 buah dim sum kecil jadi makanan ini bisa disantap secara sharing. Semakin beragam pilihan dim sum, semakin banyak rasa dan tekstur berbeda yang dirasakan. Makanlah dim sum yang rasanya asin dulu baru diakhiri dengan dim sum manis.

3. Gunakan sumpit atau tangan
Mau Makan Dim Sum? Begini Aturan MakannyaFoto: iStock
Makanan yang berasal dari China ini selalu dimakan menggunakan sumpit. Alat makan lain seperti garpu dan pisau sama sekali tidak diperlukan.

Terkadang sendok juga disertakan sebagai alat bantu makan, bukan alat makan utama. Sementara beberapa dim sum bisa disantap dengan menggunakan tangan. Misalnya bakpao yang agak sulit jika dimakan dengan sumpit. Hanya gunakan sumpit sendiri untuk makan. Untuk mengambil dim sum gunakan sumpit khususnya.

4. Makan dim sum ditemani teh
Mau Makan Dim Sum? Begini Aturan MakannyaFoto: Istimewa
Di negara asalnya, dim sum merupakan kudapan teman minum teh. Jadi tak heran jika restoran dim sum selalu menawarkan teh China. Sebaiknya pilih teh jenis oolong atau jasmin yang hangat dan tawar. dim sum tak pernah dinikmati dengan teh manis hangat apalagi es teh.

Teh yang diseruput saat menikmati dim sum memiliki berbagai khasiat mulai dari menetralisir lemak dan minyak, teh juga bisa membuat lidah kembali netral sebelum mencoba varian dim sum lain.

Baca juga : Dari Canton Disajikan di Resto Bintang Lima hingga Penjaja Kaki Lima

5. Makan saat masih hangat dengan saus cocolan
Mau Makan Dim Sum? Begini Aturan MakannyaFoto: Istimewa
Dim sum selalu disajikan dalam keadaan hangat dan baru dibuat. Supaya makin enak, dim sum tidak boleh didiamkan terlalu lama, jadi harus segera disantap.

Dim sum di Indonesia banyak dinikmati dengan saus sambal, padahal pelengkap ini bukanlah pasangan dim sum. Dim sum umumnya dinikmati dengan tiga saus cocolan yakni kecap asin, cuka yang dicampur jahe dan chilli oil.


Tonton juga video: 'Icip-icip Dim Sum hingga Tofu Claypot di Resto Oriental'

[Gambas:Video 20detik]



(dvs/odi)
FOKUS BERITA Dim Sum Populer