Sedap! Kepala Kambing Panggang Bertabur Rempah Khas Timur Tengah

Fuad Fariz, Fuad Fariz - detikFood Rabu, 25 Jul 2018 11:51 WIB
Foto: detikcom
Madina - Sajian kepala kambing tak hanya ada di Jogja, tetapi juga di Madinah al Munawwaroh. Kepala kambing diolah dengan cara dan bumbu Timur Tengah.

Sajian kepala kambing ini jadi menu andalan restoran Luluat Taiba Fish & Hrad Restaurant. Berada di daerah Qurban Street, Madina Munawara Olahan kepala kambing merupakan sajian khas Arab dan Afrika.

Cara masaknya yang unik menambah daya tarik dari makanan ini. Apalagi rasanya! Kepala kambing utuh yang sudah dicuci dan dicabuti bulu serta dikuliti, dimasak pada sebuah tungku menyerupai lubang sumur berdiameter 50-70 cm dan dalamnya sekitar 2 meter.


Sedap! Kepala Kambing  Panggang Bertabur Rempah Khas Timur TengahFoto: detikcom

Kepala kambing dibakar dengan api kecil selama kurang lebih 4 jam dalam lubang tersebut. "Mungkin ada beberapa kepala kambing di dalam situ," menurut salah satu teman yang juga ikut mengamati cara masak juru masak di restoran.

Kemudian kepala kambing diambil dari lubang, ditaruh di atas nampan terbuat. Juru masak mengiris daging-daging yang ada pada kepala kambing tersebut. Karena dipanggang lama dengan teknik 'slow cooking' maka daging kepala kambing mudah dikoyak, empuk sekali.

Tidak tersisa, semua daging terangkat habis. Dimulai dari bagian samping, otak, sampai dengan lidah, tidak tersisa semua dipreteli oleh juru masak menggunakan pisau besar berukuran 30 cm yang terlihat tajam.

Sedap! Kepala Kambing  Panggang Bertabur Rempah Khas Timur TengahFoto: detikcom

Setelah daging terangkat habis, tulang kepala kambing disihkan. Selanjutnya juru masak mencacah daging kambing. Semuanya, daging, otak dan lidah menyatu dalam cacahan. Cacahan daging dan semua isi kepala kambing ditaruh dalam piring styrofoam. Lalu ditaburi rempah bubuk beraroma harum kapulaga.

Nah, daging kepala kambing dihidangkan dengan roti tamis. Atau disantap dengan nasi khas Tiimur Tengah, nasi mandi atau nasi basmati yang bebrulir panjang dan pera.

Sedap! Kepala Kambing  Panggang Bertabur Rempah Khas Timur TengahFoto: detikcom

Saat dikunyah daging kepala kambing terasa padat, seperti daging paha kambing. Cukup ditusuk dengan garpu daging terasa empuk, mudah digigit. Rasanya gurih pas dengan rasa bawang Bombay yang kuat dan renyah. Namun beberapa orang Indonesia yang pernah makan kepala kambing ini menyarankan untuk menyantap dengan sambal kecap manis seperti kambing guling.

Disuap dengan nasi mandi, aroma rempah dan gurih daging kepala kambing ini makin mantap sedapnya. Satu porsi kepala kambing ini 15 Riyal atau sekitar 60 ribu rupiah.


Tonton juga video: 'Lamak Bana! Nasi Rames Cincang Kambing dengan Sambal Goreng Ati'

[Gambas:Video 20detik]

(fua/odi)