Pub Ini Beri Harga Sesuai Sopan Santun Pengunjung Saat Pesan Minuman

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 24 Jul 2018 19:23 WIB
Foto: Twitter gin_shiru Foto: Twitter gin_shiru
Jakarta - Sopan santun pengunjung dalam memesan makanan ternyata sangat diinginkan salah satu pub di Jepang ini. Mereka sengaja membuat harga sesuai kesopanan pembeli.

Pub di Jepang ini mendapat banyak pujian di media sosial. Ini karena pemilik restoran membuat beberapa peraturan untuk memastikan para stafnya diperlakukan dengan baik oleh pengunjung.

Pub bernama Konro-ya jadi viral lantaran cuitan akun @gin_shiru. Akun tersebut mengunggah sebuah foto berisi selembar pemberitahuan di pub itu akhir pekan lalu (21/7).

Baca juga: Tak Habiskan Makanan di Restoran Ini, Pengunjung Harus Bayar Denda

Dari unggahannya, Konro-ya sengaja menambah harga birnya sebesar 620 yen (Rp 81 ribu) jika pengunjung memesan bir dengan cara kurang sopan.

Pub Ini Beri Harga Sesuai Sopan Santun Pengunjung Saat Pesan MinumanFoto: Twitter gin_shiru
Dikutip dari SoraNews24 (23/7), arti dari pemberitahuan itu kurang lebih seperti ini,

"Yo! Beer!".. 1.000 yen
"Berikan saya segelas bir".. 500 yen
"Permisi. Tolong beri saya segelas bir".. 380 yen

Pelanggan 'Bukanlah Dewa'. Juga, para staf di pub kami 'Bukanlah Budak Mereka'. Di pub kami, setiap orang sangat berharga. Terima kasih atas kerjasama Anda. Penuh cinta, Konro-ya.

Agaknya banyak warga Jepang yang setuju dengan managemen Konro-ya. Pasalnya, baru dua hari saja, cuitan itu sudah mendapat 267 ribu lebih like dan dikomentari oleh 129 ribu pengguna Twitter.

Komentar netizen juga beragam. Salah satunya, "Ayo lakukan hal ini di seluruh restoran di Jepang."

Pub Ini Beri Harga Sesuai Sopan Santun Pengunjung Saat Pesan MinumanFoto: iStock/Metro
Hal yang sama juga dirasakan pengguna Twitter lain. Ia menulis komentar, "Toko punya hak untuk memilih pelanggannya. Ada banyak orang di Jepang yang menuntut keramahan yang sama dengan hotel mewah di minimarket dan pub."

Namun tetap ada beberapa orang yang tak menyetujui hal yang dilakukan Konro-ya.

"Bagaimana kalau aku mengatakan 'Terima kasih untuk makanannya. Makanannya sangat lezat. Terima kasih. Terima kasih banyak. Apa kamu memberiku potongan harga?' begitu struk belanja tiba," tulis salah satu netizen.

Bahkan seorang netizen menganggap peraturan ini justru menciptakan sekat antara pelayan dan pelanggan. Menurutnya, "Jika jadi Anda, saya lebih memilih untuk tidak datang ke toko itu. Itu hanya membuat sekat antara staf dan pelanggan. Sebelum bicara tentang sopan santun, saya ingin mereka memenangkan hati pelanggan dengan makanan dan pelayanan mereka."

Walau menuai pro dan kontra, pub itu tetap menerapkan peraturan yang ada.

Baca juga: Memotong Antrean dan Berlaku Tak Sopan, Gadis Ini Dapat "Tamparan" Sayuran



Tonton juga video: 'Restoran Ramen Jepang dengan Nuansa Modern'

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)