Saking Panasnya Suhu di Jepang, Orang-orang Memasak di Atap Mobil

Devi Setya - detikFood Sabtu, 21 Jul 2018 17:00 WIB
Foto: Twitter Foto: Twitter
Jakarta - Saat ini Jepang sedang memasuki puncak musim panas. Saking panasnya, netizen di Jepang banyak yang memanfaatkan terik matahari untuk memasak makanan.

Suhu musim panas di Jepang biasanya mencapai angka 30-40 derajat Celsius pada siang hari. Sementara kelembabannya sekitar 50 persen. Kondisi ini bukan hanya bisa membuat tubuh berkeringat sepanjang hari tapi juga merasa tersengat panas. Kabarnya, tahun ini suhunya lebih panas dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga : 'Solar Chicken' Ini Dimasak Pakai Pantulan Sinar Matahari
Saking Panasnya Suhu di Jepang, Orang-orang Memasak di Atap Mobil  Foto: Twitter
Menurut WeatherNews.jp, ketika suhu udara di luar mobil mencapai angka 35 derajat Celcius, maka suhu di dalam mobil bisa melonjak hingga 57 derajat Celsius. Lain lagi di bagian dasbor mobil yang bisa hingga 79 derajat Celsius. Wow!

Panasnya suhu ini memang membuat banyak orang Jepang mengeluh. Tapi ternyata tak sedikit juga yang menjadi kreatif. Salah satunya memanfaatkan panas ini sebagai 'alat' memasak.

Dilansir dari SoraNews (21/7) seorang netizen mencoba menggoreng ham di atap mobilnya yang berwarna hitam. Mereka tinggal di Saitama, di mana suhu pada tanggal 14 Juli menyentuh angka 35 derajat Celcius.
Saking Panasnya Suhu di Jepang, Orang-orang Memasak di Atap Mobil  Foto: Twitter
Benar saja, saking panasnya ham yang mereka taruh di atas atap mobil ini secara perlahan menjadi matang dan renyah. "Mobil saya sangat panas hari ini jadi saya pikir saya mungkin bisa menggoreng sesuatu di atasnya. Itu benar-benar berhasil ketika saya mencoba beberapa ham ... " tulis netizen ini pada postingan fotonya di media sosial.

Bukan hanya ham, ada juga netizen yang mencoba membuat poached eggs di dalam mobil. Mereka menaruh 10 butir telur di dasbor mobil pada pagi hari. Saat dicek malam harinya, telur sudah matang seolah dimasak perlahan. Bisa jadi menu makan malam ataupun sarapan keesokan paginya tanpa perlu menyalakan kompor.
Saking Panasnya Suhu di Jepang, Orang-orang Memasak di Atap Mobil  Foto: Twitter
Namun aksi kreatif ini banyak menuai perhatian sekaligus kekhawatiran. Sebagian besar merasa khawatir dengan kualitas makanan tersebut, apakah aman untuk dikonsumsi.

Baca juga : Unik! Pria Ini Pakai Sinar Matahari dan Mentega untuk Masak Steak

Faktanya, telur aman dikonsumsi ketika dimasak pada suhu 65 derajat Celsius dalam jangka waktu lama. Bakteri akan mati sehingga membuat telur layak dikonsumsi.

Melihat aksi kreatif ini, bukan tidak mungkin keesokan harinya akan semakin banyak orang yang memanfaatkan panas untuk memasak makanan lain. (sob/odi)