Kuliner Unik Bekasi

Cicip Gabus Pucung Khas Betawi di 5 Tempat Ini

Devi Setya - detikFood Rabu, 18 Jul 2018 15:53 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
FOKUS BERITA Kuliner Unik Bekasi
Jakarta - Selain rawon, ada lagi hidangan yang dimasak dengan kluwek yakni gabus pucung. Kuliner Betawi ini bisa dicicipi di beberapa warung di Bekasi.

Lokasinya yang berdekatan dengan Jakarta, tak heran jika makanan Betawi juga banyak di Bekasi. Warung makan ala Betawi di Bekasi juga tersebar di beberapa daerah.

Gabus pucung adalah hidangan sup ikan yang dimasak dengan kuah berbumbu kluwek. Orang Betawi menyebut bumbu hitam ini sebagai pucung. Untuk ikan yang biasa digunakan adalah ikan gabus. Alhasil, jadilah menu ini disebut gabus pucung.

Kalau kangen atau penasaran dengan rasa gabus pucung. Coba sambangi warung-warung di Bekasi ini.

1. Rumah Makan Ibu Wati
Cicip Gabus Pucung Khas Betawi di 5 Tempat IniFoto: Istimewa
Usia warung makan ini terbilang cukup matang. Berdiri sejak 1988, RM Ibu Wati menghadirkan masakan khas Betawi termasuk gabus pucung.

Lokasinya ada di Jalan RA Kartini No 99, Bekasi. Warung ini cukup terkenal dengan sajian gabus pucungnya yang berbumbu kuat. Aroma amis tidak tercium dari sajian ini, artinya dimasak dengan bumbu banyak. Selain gabus pucung, warung ini juga menawarkan sayur asem, sop tangkar hingga aneka pepes.

RM. Ibu Wati
Jl. R.A. Kartini, No 98, Rawa Panjang
Rawalumbu, Bekasi, Jawa Barat

2. Gabus Pucung Mandor Juki
Cicip Gabus Pucung Khas Betawi di 5 Tempat IniFoto: Istimewa
Gabus Pucung Mandor Juki yang berlokasi di Pekayon, Bekasi ini juga punya hidangan gabus pucung yang sedap. Bangunan warungnya mengusung konsep Betawi dengan dominan warna cat kuning dan hijau.

Dari namanya saja sudah jelas kalau warung ini pasti mengunggulkan menu gabus pucungnya. Selain rasanya yang autentik, gabus pucung di kedai ini juga terkenal dengan porsinya yang besar.

Gabus Pucung Mandor Juki
Jl. Raya Pekayon Jaya No. 15A
Bekasi Selatan, Bekasi
Telepon (021) 95105767

3. RM. Khas Betawi Udin Combo
Pemburu gabus pucung di Bekasi Utara bisa menjajal kelezatan gabus ini di warung Gabus Pucung Udin Kombo. Gabus pucung di tempat ini dikenal enak dan segar, apalagi dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Buat pendamping makan gabus pucung, bisa juga jajal ikan bakar, pecak lele hingga semur jengkol yang nikmat. Warung ini selalu ramai disambangi, apalagi saat akhir pekan tiba.

RM. Khas Betawi Udin Combo
Jalan Lintas Harapan Indah 2 Pusaka Rakyat
Tarimajaya, Bekasi
Jawa Barat
Telepon : 0857742479184

4. RM Lestari
Cicip Gabus Pucung Khas Betawi di 5 Tempat IniFoto: Istimewa
Ikan gabus yang dagingnya lembut dimasak dengan kuah pucung atau kuah kluwek yang hitam berbumbu. Aroma khas kluwak tercium karena gabus pucung di warung ini dibuat segar setiap hari.

Tambahan irisan daun bawang membuat aromanya makin menggoda. Seporsi gabus pucung paling enak disantap dengan nasi putih.

RM. Lestari
Jl. Raya Kalimalang, Gandasari, Cikarang Barat
Bekasi
Telepon (021) 88364011

5. Pondok Gabus Lukman
Cicip Gabus Pucung Khas Betawi di 5 Tempat IniFoto: dok. detikFood
Seporsi gabus pucung di warung ini punya ukuran yang besar. Kuah pucungnya juga gurih berbumbu. Kalau suka pedas, ada sambal hijau andalan warung yang bisa ditambahkan sebagai pelengkap makan.

Makin enak, makan gabus pucung pakai pelengkap tempe, tahu dan bakwan udang.

Pondok Gabus Lukman
Jl. Jenderal Sudirman, Medan Satria
Bekasi
Telepon (021) 8890007 (dvs/odi)
FOKUS BERITA Kuliner Unik Bekasi