Duh, Kafe Ini Hadirkan Singa di Kotak Kaca Sebagai Hiburan Pengunjung!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 16 Jul 2018 18:50 WIB
Foto: Mevzoo Foto: Mevzoo
Istanbul - Sebuah kafe di Turki membuat pencinta binatang geram. Pasalnya pihak kafe 'memajang' singa di kotak kaca transparan untuk menarik pengunjung.

Kehadiran singa di kafe Mevzoo, Istanbul jadi viral lantaran konsepnya dianggap tak biasa. Pihak kafe dituduh menyiksa dan memperlakukan binatang dengan kejam usai menaruh singa berusia 1 tahun di kotak kaca yang mengelilingi kafe.

Apalagi pihak kafe mengunggah video anak perempuan berlarian dengan singa bernama Khaleesi tersebut seolah menyusul ingin menangkap sang anak. Banyak orang marah melihat hewan liar yang terancam punah justru dikekang dalam ruang kaca sempit yang lebarnya kurang dari 1 meter.

Duh, Kafe Ini Hadirkan Singa di Kotak Kaca Sebagai Hiburan Pengunjung!Foto: Mevzoo

Baca Juga: Asyik! Bisa Main Sepuasnya Bareng Hewan di 8 Restoran Ini

Kemarahan orang-orang semakin menjadi usai tahu Mevzoo juga menghadirkan banyak binatang di kafenya. Mulai dari burung beo, buaya, kuda dan beberapa jenis hewan langka lainnya.

Dikutip dari Oddity Central (15/7), pemilik Mevzoo yaitu Cengiz Şıklaroğlu berdalih telah mengantongi izin dari pemerintah Turki. Bukan hanya sudah memenuhi syarat dokumen sesuai aturan hukum tapi juga berjanji memastikan lingkungan yang sesuai untuk memelihara semua hewan.

Şıklaroğlu menambahkan ia hanya mengadopsi hewan yang sulit dirawat di kebun binatang kota dan merawat mereka menggunakan biaya sendiri. Ia juga mengklaim sudah mengeluarkan banyak biaya untuk membeli makanan dan memastikan perawatan kesehatan bagi semua hewan yang dipeliharanya.

Menurut Şıklaroğlu, kemarahan orang-orang tidak berdasar karena mereka tidak tahu faktanya. Hal ini menyangkut perizinan mengurus binatang yang sangat sulit didapat di Turki, namun dengan mudahnya orang-orang menilai Şıklaroğlu melalui Mevzoo telah bertindak kejam pada binatang.

Duh, Kafe Ini Hadirkan Singa di Kotak Kaca Sebagai Hiburan Pengunjung!Foto: Mevzoo

Setelah mendapat sorotan media internasional, Kementrian Kehutanan dan Urusan Air Turki memerintahkan timnya untuk memeriksa binatang-binatang di Mevzoo. Kabarnya pihak pemerintah mengizinkan Şıklaroğlu memelihara semua binatang namun memintanya membongkar kaca Khaleesi dalam 3 bulan.

Laporan media Turki lain menyebut kafe Mevzoo adalah rumah bagi banyak binatang. Ada sekitar 35 kelinci, beberapa ekor burung flamingo, 4 ylar, 4 kuda, 2 burung beo, 2 buaya, seekor iguana dan 1 singa bernama Khaleesi.

Baca Juga: Ini Keseruan Ngopi Sambil Bermain Bersama Hewan-hewan Lucu (adr/odi)