Kuliner Unik Bekasi

Masakan Betawi dan Sunda hingga Kafe Kekinian Ada di Bekasi

Devi Setya - detikFood Senin, 16 Jul 2018 17:50 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Kuliner Unik Bekasi
Bekasi - Banyak yang ogah mampir di Bekasi karena kemacetannya. Padahal Bekasi punya destinasi menarik. Dari kuliner Betawi hingga kekinian.

Secara geografis, Bekasi merupakan salah satu daerah di Jawa Barat. Karena letaknya berdekatan dengan Jakarta, daerah ini kemudian berkembang sebagai kota satelit. Nama Bekasi diambil dari bagasasi yang artinya 'candrabaga' seperti tertulis pada Prasasti Tugu era Kerajaan Tarumanegara. Nama sungai yang melewati kota ini

Karenanya Bekasi mengenal persilangan budaya Sunda dan Betawi yang dibawa oleh para pendatang. Karena itu tidak sulit menemukan makanan Sunda dan Betawi di kawasan ini. Mulai nasi uduk, gabus pucung, pecak bandeng hingga soto betawi semua lengkap tersedia di Bekasi.

Masakan Betawi dan Sunda hingga Kafe Kekinian Ada di BekasiFoto: Istimewa

Sementara kini Bekasi telah tumbuh menjadi kawasan perkotaan dengan banyaknya perumahan dan insdustri dibangun di kawasan ini. Akibatnya banyak makanan pendatang dari daerah dan makanan kekinian juga hadir di kawasan ini.

Tak melulu soal hidangan Betawi, beberapa kawasan di Bekasi juga jadi pusat kuliner misalnya di Jalan Jatiwaringin, kawasan Grand Galaxy Park atau di sekitar Alun-alun Bekasi yang selalu disambangi foodies saat malam hari.

Masakan Betawi dan Sunda hingga Kafe Kekinian Ada di BekasiFoto: Istimewa

Kafe dan coffee shop kekinian juga ada di Bekasi, tinggal pilih yang konsepnya sesuai selera. Beberapa kafe bahkan tak kalah keren dengan yang ada di kota besar seperti Jakarta dan Bandung.

Restoran yang luas dan cocok jadi tempat santai bersama keluarga juga banyak di Bekasi. Mulai resto tema piknik, resto sunda lesehan hingga resto yang menawarkan sensasi makan di atas kolam ikan. Serasa di kampung padahal resto ini ada di pusat kota Bekasi.

Seperti apa kuliner unik Bekasi? Apa saja yang masih dipelihara sebagai kuliner tradisi? Simak ulasan lengkapnya di detikfood!

(adr/odi)
FOKUS BERITA Kuliner Unik Bekasi