Mau Makan Dim Sum 'All You Can Eat'? Perhatikan Dulu Aturan Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Minggu, 15 Jul 2018 09:15 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Hari Minggu banyak restoran menawarkan menu dim sum all you can eat. Sebelum kalap menyantap dim sum, coba perhatikan tata cara makannya.

Menyantap dim sum di pagi hingga siang hari dikenal dengan nama 'yum cha'. Biasa dilakukan oleh warga Hong Kong sehabis berolahraga. Kini dim sum semakin populer. Anda bisa menyantap dim sum di restoran berbintang hingga pedagang kaki lima atau keliling. Tentu saja kualitasnya berbeda. Tak mau repor? Beli saja dim sum beku dan kukus beberapa menit, dim sum bisa dinikmati di rumah.

Namun, paling asyik memang menyantap dim sum di restoran. Pilihannya banyak, puluhan bahkan di restoran dim sum ada yang mencapai ratusan. Tak perlu kalap melihat dim sum hangat mengepul. Sebelum memesan dan menyantapnya, coba perhatikan beberapa tata cara ini.


Mau Makan Dim Sum 'All You Can Eat'? Perhatikan Dulu Aturan IniFoto: Istimewa

1. Memilih dim sum
Meski jumlahnya ratusan dan banyak bentuk dan isiannya, dim sum bisa dibedakan atas dim sum kukus dan goreng. Untuk rasanya ada dim sum gurih dan manis. Karena itu sebaiknya pilihlah dim sum bervariasi dari jenis yang kukus dan goreng. Cukup pesan secukupnya karena setiap saat Anda bisa memesan kembali jika kurang. Memesan bertahap membuat Anda bisa menikmati dim sum dengan baik tanpa kekenyangan.

2. Teh
Sebaiknya jangan memesan kopi, meskipun di pagi hari Anda belum ngopi. Teh merupakan minuman wajib. Sesuai dengan namanya 'yum cha'. Pilihan yang paling cocok adalah jenis teh China oolong atau jasmine atau teh pilihan restoran. Disajikan dalam poci keramik dengan cangkir teh mungil gaya China. Setelah menghirup teh hangat Anda bisa memulai menyantap dim sum.

Mau Makan Dim Sum 'All You Can Eat'? Perhatikan Dulu Aturan IniFoto: Oddity Central

3. Sumpit
Paling afdol menyantap dim sum dengan sumpit. Biasanya disediakan sumpit untuk masing-masing tamu dan sumpit untuk mengambil makanan. Selalu gunakan sumpit khusus untuk mengambil makanan jika dim sum dinikmati bersama. Ini untuk alasan higienis. Gunakan sumpit Anda hanya untuk memakan dim sum yang sudah ada di piring Anda.

4. Berbagi
Dim sum umumnya disajikan hangat di dalam klakat atau piring. Berisi 3 buah dim sum. Agar bisa mencicipi dim sum lainnya sebaiknya Anda berbagi dengan menikmati dim sum bersama dengan yang lain. Dengan cara ini Anda bisa menikmati lebih banyak jenis dim sum dalam waktu bersamaan.

Mau Makan Dim Sum 'All You Can Eat'? Perhatikan Dulu Aturan IniFoto: iStock

5. Tambahan saus
Sebenarnya dim sum lebih enak dinikmati tanpa tambahan kecap asin atau saus sambal. Tetapi ada beberapa orang yang menyukainya. Sebaiknya pesan pada pelayan saat Anda memesan dim sum, tambahan saus apa saja yang Anda inginkan. Ini agar ia tak mondar-mandir melayani Anda dan Anda bisa lebih menikmati makan dim sum.

6. Selalu hangat
Beberapa restoran khusus dim sum mengantar pesanan dengan kereta dorong berisi macam-macam dim sum. Kereta ini selalu melintas berulangkali. Kalau mau menikmati yang paling segar dan hangat, segera pilih dim sum saat kereta melintas atau baru keluar dari dapur. Dim sum yang enak adalah dim sum yang dibuat segar dan disajikan panas mengepul.

Mau Makan Dim Sum 'All You Can Eat'? Perhatikan Dulu Aturan IniFoto: Istimewa

7. Nasi dan dessert
Di dalam menu dim sum umumnya tak ada menu nasi putih. Karena memang dim sum tidak dinikmati dengan nasi putih. Jika ingin memesan nasi goreng atau nasi putih dan menu sayuran biasanya dicantumkan dalam menu terpisah. Ada baiknya nikmati nasi paling akhir agar tak menggangu kenikmatan menyantap dim sum.

Dim sum bukan menu barat karenanya tak disusun dengan penutup dessert. Tetapi ada beberapa di sum manis yang bisa Anda pesan. Seperti egg tart, onde-onde atau mochi. dim sum manis ini juga tak harus dinikmati sebagai penutup. Bisa dimikmati kapan saja Anda mau, di sela-sela menyantap dim sum gurih.

(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com