Mie Nusantara

Mi Tumis dan Goreng yang Pedas Menyengat Gaya Pidie Jaya

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 13 Jul 2018 19:25 WIB
Foto: Dok. detikFood Foto: Dok. detikFood
FOKUS BERITA Mie Nusantara
Jakarta - Racikan mi Aceh selalu menggoda selera. Aroma rempah dengan paduan bumbu pedas, makin enak dinikmati dengan tambahan seafood dan daging sapi!

Suka dengan mi Aceh? Di kawasan Mampang Prapatan ada rumah makan mi khas Aceh yang enak yaitu Mie Aceh Bungong Seulanga. Rumah makan ini buka 24 jam setiap harinya. Lokasinya ada di Jl. Mampang Prapatan Raya IV, Jakarta Selatan.

Menu mi Aceh di sini cukup komplet. Ada mi Aceh goreng, rebus serta tumis. Namun yang jadi menu andalannya adalah mi tumis dan goreng. Pilihan isian mi Aceh pun sangat beragam, mulai dari telur, daging, udang, cumi, ayam, seafood, kepiting hingga tongkol.

Mi Tumis dan Goreng yang Pedas Menyengat Gaya Pidie JayaAneka bahan yang digunakan untuk racikan mi Aceh. Foto: Dok. detikFood

Mie tumis seafood dibandrol dengan harga Rp. 30.000 dan mie goreng daging Rp 24.000. Penasaran dengan proses pembuatannya, kami pun melihat langsung cara membuat mi Aceh di tempat ini.

Dibagian depan terdapat etalase yang berisi bahan-bahan untuk proses pembuatan mi Aceh. Ada mi kuning Aceh, irisan kol, tauge, seafood, daging hingga pelengkap mi Aceh seperti timun, tomat hingga daun bawang dan seledri.

Baca juga: Sedapnya Mie Aceh yang Pedas Gurih Ada di Sini

Mi Tumis dan Goreng yang Pedas Menyengat Gaya Pidie JayaBumbu berwarna kemerahan yang digunakan untuk mi Aceh. Foto: Dok. detikFood

Proses pembuatan mi tumis dan goreng sebenarnya hampir sama. Ada satu bumbu merah yang sudah disiapkan untuk mengolah mi hingga nasi goreng Aceh. Menurut Rasyidin, juru masak di rumah makan ini mengatakan dalam bumbu merah ada lebih dari 15 campuran rempah. Salah satunya adalah cabai merah, cabai kering, bawang putih, kemiri hingga rempah khas Aceh.

Di Aceh, beberapa daerah juga memiliki racikan mi yang agak berbeda dari segi rasa. "Kalau di sini racikannya lebih ke daerah Pidie Jaya. Minya lebih pedas rasanya dan gurih," jelas Rasyidin.

"Semua bumbu yang sudah digiling kemudian dipanaskan di sini. Dimasak sampai kering selama 6 jam," ungkap Rasyidin kepada detikFood (12/07).

Ia pun menambahkan, dalam satu wajan bumbu merah ini bisa digunakan untuk mengolah sekitar 60 Kg mi.

Mi tumis khas Aceh yang siap untuk disantap.Mi tumis khas Aceh yang siap untuk disantap. Foto: Dok. detikFood

Untuk membuat mi tumis, minyak dipanaskan kemudian masukkan potongan seafood segar berupa cumi dan udang. Setelah itu tambahkan irisan kol dan tauge serta bumbu dan tumis hingga rata. Masukkan air 3 centong dan masak, lalu masukkan mi. Tambahkan potongan tomat, seledri serta garam, aduk hingga rata. Hmm, aromanya sedap! Mi tumis ini memiliki tekstur yang lebih basah. Aroma seafoodnya sangat tercium enak.

Proses pembuatan mi goreng Aceh.Proses pembuatan mi goreng Aceh. Foto: Dok. detikFood

Untuk membuat mi goreng khas Aceh dengan isian daging sapi. Pertama-tama potongan daging sapi digoreng terlebih dulu hingga warnanya berubah setelah itu minyaknya dikurangi. Tambahkan irisan kol dan tauge kemudian diaduk sampai sayurnya layu. Beri bumbu merah dan tambahkan air 1 centong. Kemudian tambahkan mi dan beri sedikit kecap manis. Lalu beri garam, irisan tomat dan seledri.

Baca juga: Mie Aceh Bungong Seulanga: Sedap Semerbak Mie Aceh Spesial yang Tersedia 24 Jam

Terakhir diberi sentuhan taburan bawang goreng. Kedua racikan mi ini disajikan dengan kerupuk, emping, irisan bawang merah, cabai rawit dan mentimun. Hanya saja untuk mi tumis, pelengkap ini disajikan terpisah.

Mi Tumis dan Goreng yang Pedas Menyengat Gaya Pidie JayaFoto: Dok. detikFood

Tak hanya mi Aceh, Anda juga bisa menikmati Teh Tarik (Rp 14.000) dingin. Dibuat dari campuran teh hitam khas Sumatera, teh diseduh dengan air panas dan dicampurkan dengan susu kental manis lalu ditarik-terik hingga berbusa. Serta ada Roti Cane Susu Keju (Rp 22.000) yang enak. Buat yang gaya tradisional roti canenya disajikan dengan kari kambing, namun untuk gaya tradisionalnya bisa juga disajikan dengan susu dan keju. Nyam!



Tonton juga proses pembuatan Mi Aceh 'Bungong Seulanga' lewat video di 20Detik:

[Gambas:Video 20detik]

(lus/odi)
FOKUS BERITA Mie Nusantara