Biarkan Pelanggan Mabuk, Restoran Korea Ini Dituntut Rp 23 Juta

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 12 Jul 2018 15:30 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Restoran BBQ Korea di wilayah Sidney didenda sebesar $2.200 (Rp 23 juta). Ini karena dua orang pengunjung yang mabuk dan tak sadarkan diri usai menegak soju.

Kejadian ini berlangsung di restoran bernama Gangnam Station. Restoran BBQ ini memang menyajikan soju, minuman beralkohol khas Korea. Minuman beralkohol inilah yang membuat dua orang pengunjung wanita mabuk hingga tak sadarkan diri.

Biarkan Pelanggan Mabuk, Restoran Korea Ini Dituntut Rp 23 Juta Foto: Istock
Berdasarkan keterangan petugas Liquor and Gaming wilayah South Wales, hal ini terjadi lantaran keduanya mengonsumsi minuman keras dalam jumlah berlebih. Namun, setelah membiarkan dua wanita itu mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak, pihak restoran justru membawa keduanya keluar restoran.

Dilansir Fox News (10/7), setelah menegak gelas ke delapan, dua wanita itu langsung tak sadarkan diri. Setelah diselidiki, keduanya datang bersama satu orang teman yang tidak minum terlalu banyak kala itu.

Baca juga: Makan Makanan Ini Jika Mabuk!

Dibantu salah satu pelayan, wanita itu mengangkat temannya yang tak sadarkan diri. Begitu sampai di depan restauran, salah satu wanita mabuk itu tiba-tiba mual dan muntah. Kejadian ini berlangsung tepat saat beberapa petugas keamanan melakukan patroli di dekat restoran.

Biarkan Pelanggan Mabuk, Restoran Korea Ini Dituntut Rp 23 Juta Foto: Istimewa
Sehingga para petugas memutuskan untuk berhenti dan menolong ketiganya. Petugas akhirnya menghubungi tim medis dan dua wanita yang tak sadarkan diri akhirnya dibawa ke rumah sakit.

Dengan adanya kejadian ini, otoritas Australia menjatuhkan denda sebesar $2.200 dolar Austaralia aatau sekitar Rp 22 juta pada Sunhwa Kim selaku pemilik restoran. Selain itu, pemerintah juga memangkas jam operasional restoran. Sehingga Gangnam Station harus tutup dua jam lebih awal dari biasanya.

Biarkan Pelanggan Mabuk, Restoran Korea Ini Dituntut Rp 23 Juta Foto: Istimewa
"Hal ini sulit dibayangkan jika kasus yang lebih parah dari ketidaktahuan tempat (restoran) yang punya kewajiban untuk mencegah penyalahgunaan minuman beralkohol," tutur Sean Goodchild selaku Direktur Operasi Kepatuhan Australia.

Goodchild juga menambahkan kalau Gangnam Station mengabaikan kesehatan dan keselamatan pelanggannya terkait konsumsi minuman beralkohol.

Baca juga: Lakukan Trik Ini Saat Minum Alkohol Agar Terhindari dari Efek Mabuk (dwa/odi)