Berani Coba? Koktail Paling Mematikan di Dunia dari Sirip Ikan Fugu

Devi Setya - detikFood Rabu, 04 Jul 2018 14:47 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Di Jepang, Anda bisa cicipi makanan dan minuman menantang maut. Seperti koktail yang terbuat dari campuran ikan fugu yang racunnya mematikan. Berani coba?

Ikan fugu atau ikan buntal dikenal sebagai ikan mematikan karena mengandung racun. Di Jepang, hanya chef yang tersertifikat saja yang boleh mengolah ikan fugu dan menyajikannya sebagai makanan.

Tapi kini, ada lagi olahan ikan fugu. Bukan dalam bentuk makanan, melainkan minuman. Dilansir dari Liquor (4/7), koktail dengan ikan fugu ini diklaim sebagai minuman paling mematikan.
Berani Coba? Koktail Paling Mematikan di Dunia dari Sirip Ikan FuguFoto: Istimewa
Baca juga : Wah, di Jepang Kini Sedang Tren Memadukan Sake dengan Ramen Instan

Minuman ini adalah hirezake yang dalam bahasa Jepang artinya adalah sake sirip ikan. Ini sebenarnya bukan minuman kreasi baru, melainkan minuman kuno yang terbuat dari sirip atau ekor ikan fugu yang disiram dengan sake panas.

Minuman ini populer di Jepang saat musim dingin tiba. Sekarang tampaknya bukan hanya di Jepang, pasalnya di Amerika Serikat ada beberapa restoran yang menyajikan minuman ini.

Salah satu yang menyediakan minuman ini adalah Yuta Suzuki. Di restorannya, Sushi Zen, ia sudah menyajikan minuman ini sejak delapan tahun yang lalu.
Berani Coba? Koktail Paling Mematikan di Dunia dari Sirip Ikan FuguFoto: Istimewa
Restoran Sushi Zen yang awalnya berlokasi di New York kemudian harus tutup pada 2016 lalu, kemudian Yuta dan ayahnya, Toshio Suzuki lantas membuka resto baru di kawasan Manhattan. Dengan tetap menyajikan sake ikan fugu ini.

Tak mudah menyajikan menu eksotis ini. Ayah dan anak ini paham betul betapa ketatnya aturan untuk mengonsumsi ikan fugu. Ikan mematikan ini memiliki racun ratusan kali lebih banyak dibandingkan racun sianida jadi tak heran di Jepang dan Amerika pengawasannya sangat ketat.

Di Amerika, hanya ikan fugu yang sudah bersih saja yang bisa diimpor. Semua organ beracunnya harus sudah terjamin bersih saat masuk ke Amerika, termasuk harus lolos sensor pemeriksaan dari FDA.

Di sana ada beberapa restoran yang menjual menu ikan fugu seperti Masa di New York dan Kaz Sushi Bistro di Washington D.C.

Sementara Suzuki, mengolah sirip ikan fugu dengan teknik khusus agar aman di konsumsi sebagai minuman. Ia mengeringkan sirip ikan fugu ini selama satu sampai dua hari. Kemudian dipanggang perlahan di atas api kecil hingga kering.
Berani Coba? Koktail Paling Mematikan di Dunia dari Sirip Ikan FuguFoto: Istimewa
Ketika ada yang memesan minuman ini, Suzuki akan mengambil sirip fugu dan menempatkannya dalam cangkir. Ia lantas menambahkan sake panas yang di Jepang dikenal dengan istilah junmai.

Baca juga : Pria di Nagoya Ini Dilarikan ke Rumah Sakit Usai Makan Ikan Fugu

Secangkir sake ini lalu ditutup dan didiamkan selama satu menit sebelum disajikan. Suzuki mengatakan, ada beberapa orang yang menyeduh dengan cara memanaskan di atas api agar aromanya lebih kuat, namun ia tak menerapkan cara ini.

Koktail ini memiliki rasa yang unik. "Rasanya seperti sup sake yang berbau amis dan rasanya ugurih umami. Sangat enak," kata Chizuko Niikawa, saat memberi pernyataan di acar Sake Discoveries di New York.
Berani Coba? Koktail Paling Mematikan di Dunia dari Sirip Ikan FuguFoto: Istimewa
Sebagai penggemar sake panas, Niikawa membuat pop-up selama dua tahun di New York di bawah Sake Caliente untuk menginformasikan pada masyarakat tentang sake hangat.

Tak hanya di New York, Niikawa juga membawa konsep pop-up yang sama ke Kyoto. Ia memperkenalkan aneka sake, salah satunya yang dicampur dengan truffle hitam. Niikawa bahkan pernah membuat sake dengan campuran truffle urbani dan sirip ikan fugu. Semua dicampur dalam sake hangat. (dvs/odi)