Kuliner Pasundan

Ini Cara Bikin Sambal Cibiuk yang Sedap dan Segar

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 04 Jul 2018 13:20 WIB
Foto: detikfood
FOKUS BERITA Kuliner Pasundan
Jakarta - Sambal sederhana menjadi ciri khas sambal di daerah Jawa Barat. Salah satunya sambal dari Cibiuk, Garut yang rasanya pedas, asam dan segar.

Membuat sambal tidak sulit asalkan bahan-bahannya segar dan dipilih yang terbaik, tentu rasanya enak. Seperti sambal dari kecamatan Cibiuk, Garut yang tersohor enak.

Bahan utamanya cabe rawit hijau atau cabe rawit merah atau cabe merah. Untuk meracik sambal Cibiuk yang enak, perhatikan beberapa hal penting ini.


Ini Cara Bikin Sambal Cibiuk yang Sedap dan SegarFoto: iStock

1. Cabe rawit hijau
Cabe rawit merupakan bahan utama, pilih yang segar dan cukup tua. Jangan mencampur cabe tua dan muda agar aromanya tidak langu. Buang tangkai cabe dan cuci bersih lalu tiriskan.

2. Tomat hijau
Tomat hijau yang renyah, asam segar dan banyak air jadi campuran sambal ini. Pilih tomat hijau yang mulus, hijau merata dan keras. Hindari memakai tomat yang cacat atau berlubang. Buang tangkainya dan cuci bersih lalu iris kasar.

Ini Cara Bikin Sambal Cibiuk yang Sedap dan SegarFoto: iStock

3. Bawang dan kencur
Untuk meracik sambal ini perlu disiapkan, 20 buah cabe rawit merah, 2 butir bawang merah, 1 siung bawang putih, 1/2 cm kencur, 1/2 sdt gula pasir dan 1/2 sdt garam dan 5 buah tomat hijau.

Ini Cara Bikin Sambal Cibiuk yang Sedap dan SegarFoto: iStock

4. Tumbuk cabe
Tumbuk atau gerus cabe rawit hijau bersama gula dan garam hingga berair dan menjadi serpihan agak kasar. Tambahkan bawnag merah dan bawang putih serta kencur, gerus hingga tercampur rata dan agak halus.

Terakhir, masukkan tomat hijau yang diiris kasar, tumbuk atau gerus hingga jadi memaran kasar. Jangan terlalu halus, karena ciri khas sambal ini agak kasar teksturnya. Jika suka bisa disajikan dengan dau kemangi.

(odi/odi)
FOKUS BERITA Kuliner Pasundan

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com