Netizen Berdebat di Medsos Soal Penyebutan Kata 'Caramel' yang Benar

ADVERTISEMENT

Netizen Berdebat di Medsos Soal Penyebutan Kata 'Caramel' yang Benar

Devi Setya - detikFood
Selasa, 03 Jul 2018 18:15 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Perbedaan penyebutan kata selalu jadi topik menarik di medsos. Termasuk kata 'caramel' yang banyak diperdebatkan. Lalu bagaimana pengucapan yang benar?

Ada beberapa kata yang memang diucapkan berbeda. Biasanya tergantung dimana kata itu diucapkan, ini berkaitan dengan logat bicara dan bahasa. Nah, lelehan gula pasir alias karamel jadi salah satu kata yang punya banyak versi pengucapan.

Dilansir dari Metro (3/7), beberapa waktu lalu netizen dihebohkan dengan perdebatan yang dilakukan di twitter. Perdebatan dimulai saat pengguna twitter dengan akun @Janece melemparkan pertanyaan "bagaimana seharusnya menyebut kata caramel?"
Netizen Berdebat di Medsos Soal Penyebutan Kata 'Caramel' yang BenarFoto: Istimewa
Baca juga : Wah, Secara Ilmiah Saus Karamel Terbukti Bikin Ketagihan!

Untuk mengumpulkan jawaban, ia menggunakan sistem voting dengan meminta netizen memilih kata caramel versi mereka. Janece meminta netizen untuk 'like' kicauannya jika memilih 'carmel' dan me-retweet postingannya jika setuju yang benar adalah 'caramel.' Hasilnya mencengangkan.

Dari puluhan ribu netizen yang merespon pertanyaan ini, setidaknya ada 42.000 netizen menyebut karamel dengan 'carmel' sementara yang menyebut 'caramel' hanya 19.000 netizen.
Netizen Berdebat di Medsos Soal Penyebutan Kata 'Caramel' yang BenarFoto: Istimewa/twitter
Banyak warga internet yang tertarik dengan topik ini. "Jika Anda menyebut karamel dengan kata carmel, kamu tetap menjadi temanku. Tapi kalau menyebutnya dengan kata caramel, sebaiknya kita tidak perlu berbicara lagi," tulis satu netizen.

Sementara pendukung sebutan 'karamel' tak mau kalah. "Saya tidak percaya dengan orang yang menyebut caramel dengan carmel. Apa Anda sedang pura-pura tidak melihat ada huruf A pada kata caramel?" tulis netizen lain.

Bahkan ada yang sampai menyindir secara halus. "Selamat pagi untuk semua orang kecuali untuk mereka yang menyebu caramel dengan kata carmel," tegas netizen yang setuju menyebut caramel.

Baca juga : Keren! Gulali Karamel ala China Ini Seindah Karya Seni
Netizen Berdebat di Medsos Soal Penyebutan Kata 'Caramel' yang BenarFoto: Istimewa/twitter
Tapi menurut situs web English Stack Exchange, perihal penyebutan bunyi setiap kata dipengaruhi daerah asal orang. Kebanyakan orang yang menyebut 'carmel' cenderung berasal dari Amerika, sementara yang menyebut caramel berasal dari berbagai daerah termasuk Inggris. Orang Kanada dan Amerika Utara, khususnya di Pantai Timur, cenderung mengatakan carmel.

Nah, kalau di Indonesia disebut sebagai karamel. Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) karamel adalah sebutan untuk cairan cokelat yang diperoleh dari pemanasan gula tebu. Karamel juga bisa didefinisikan sebagai gula bakar.

(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT