Kuliner Pasundan

Slurrp! Legitnya Es Goyobod hingga Bandrek yang Populer

Devi Setya - detikFood Selasa, 03 Jul 2018 14:12 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Kuliner Pasundan
Jakarta - Makan masakan sunda dengan sambal dan lalap pastinya makin mantap disandingkan dengan minuman segar. Jawa Barat punya minuman khas yang enak. Sluuurp!

Mulai minuman dingin seperti es goyobod dan es oyen, hingga hangat sedap bajigur dan bandrek, semuanya punya Jawa Barat. Kalau ke daerah di Jawa Barat seperti Bandung, Garut hingga Cirebon, jangan lewatkan menyeruput minuman ini.

1. Es Goyobod
Slurrp! Legitnya Es Goyobod hingga Bandrek yang PopulerFoto: Istimewa
Minuman khas Jawa Barat ini banyak dijajakan oleh penjual gerobakan. Es goyobod yang dingin segar ini punya ciri khas yakni berisi potongan goyobod yakni adonan tepung hunkwe. Teksturnya kenyal lembut dan rasanya sedikit gurih santan.

Seporsi es goyobod biasa disajikan dalam mangkuk berisi goyobod, alpukat, kolang-kaling dan tape singkong. Sebagai pemanis, biasa ditambahkan sirup merah dan gula cair. Paling enak es goyobod dinikmati siang-siang sebagai pelepas dahaga.

Baca juga : Dingin Manis Es Sekoteng dari Bandung

2. Es Oyen
Slurrp! Legitnya Es Goyobod hingga Bandrek yang PopulerFoto: Istimewa
Es oyen populer di Bandung, Jawa Barat. Kabarnya, es segar ini sudah ada sejak tahun 1954 dan hingga sekarang masih eksis jadi buruan. Es oyen juga biasanya dijajakan menggunakan gerobak.

Dalam es oyen berisi campuran buah alpukat segar, kelapa muda, pacar cina dan jagung manis pipil. Es serut dan susu kental manis ditambahkan juga sebagai campuran. Meski tak dicampur sirup warna-warni, pacar cina yang kemerahan membuat tampilannya menarik.

Penggemar es oyen ini terbilang banyak dan tak hanya di kawasan Jawa Barat saja. Jadi jangan heran jika bisa menemukan es oyen di kota lain seperti Jakarta.

3. Es Cendol
Slurrp! Legitnya Es Goyobod hingga Bandrek yang PopulerFoto: Istimewa
Kalau di Jawa Tengah punya es cendol maka Jawa Barat ada es cendol. Keduanya memang terbuat dari bahan yang sama, hanya saja bentuknya agak berbeda, cendol Jabar berbentuk panjang.

Terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur daun suji, cendol Jabar makin enak disajikan bersama es batu, santan cair, saus gula merah hingga potongan nangka. Selain enak dan segar, es cendol juga banyak diburu karena harganya murah meriah.

4. Bajigur
Slurrp! Legitnya Es Goyobod hingga Bandrek yang PopulerFoto: Detikfood
Cuaca dingin di beberapa daerah di Jawa Barat seperti Bandung, Garut atau Tasikmalaya bisa diobati dengan minuman hangat. Segelas bajigur siap menghangatkan tubuh.

Bajigur terbuat dari campuran santan yang dimasak bersama gula aren. Bahan tambahannya antara lain jahe, bubuk vanili dan garam. Semua direbus jadi satu dan makin nikmat disajikan hangat.

Minum bajigur paling enak dibarengi kudapan serba rebus. Mulai pisang rebus, ubi rebus, jagung rebus hingga kacang rebus cocok dinikmati dengan bajigur.

Baca juga : Jelang Malam, Sruput 4 Minuman Hangat yang Siap Jaga Stamina dan Mood

5. Bandrek
Slurrp! Legitnya Es Goyobod hingga Bandrek yang PopulerFoto: Istimewa
Kalau di Jawa Tengah ada wedang maka di Jawa Barat populer dengan sebutan bandrek. Minuman ini bukan hanya enak dinikmati hangat tapi juga punya banyak khasiat, terutama untuk mengobati kembung dan masuk angin.

Bandrek dibuat dari rebusan berbagai rempah khas seperti jahe, sereh, merica, pandan dan gula merah. Banyak juga yang menikmati bandrek dengan campuran telur ayam kampung mentah. Beberapa orang juga membuat bandrek dengan tambahan susu kental manis.

(dvs/odi)
FOKUS BERITA Kuliner Pasundan