Kuliner Pasundan

Gurih Lembut Pepes Ikan Mas yang Favorit dari Tanah Sunda

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 03 Jul 2018 12:00 WIB
Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Kuliner Pasundan
Jakarta - Makanan khas Pasundan ada banyak jenisnya. Salah satu yang populer adalah aneka pepes, termasuk pepes ikan mas yang gurih lembut!

Pepes merujuk pada sajian yang dibungkus daun pisang. Teknik memasak ini sangat umum dipraktekkan dan bisa ditemui di banyak daerah Indonesia seperti Jawa, Sumatera, Bali hingga Sulawesi.

Di tanah Sunda, pepes biasanya disebut pais. Kabarnya pepes dulu dimasak dalam sekam abu atau bara kayu. Pepes dinikmati masyarakat di sekitar perkebunan hingga pegunungan Sunda.

Mengenai bahan makanan yang dipepes sebenarnya bisa beragam. Di Sunda ada pepes ikan, tahu, teri, ayam, telur asin, remis dan masih banyak lagi. Namun yang terpopuler dan jadi favorit adalah pepes ikan.

Gurih Lembut Pepes Ikan Mas yang Favorit dari Tanah SundaFoto: Istimewa

Baca Juga: Racik 6 Olahan Pepes Ikan yang Gurih Aromatik Ini

Ikan yang dipakai adalah ikan air tawar yaitu ikan mas. Daging ikan ini memang mengandung banyak duri, namun teksturnya yang lembut begitu disukai. Seiring perkembangan zaman, pepes ikan mas dimodifikasi agar lebih mudah dinikmati.

Pepes ikan mas hadir dalam versi duri lunak. Sajian ini bisa dibuat memakai panci bertekanan hingga menggunakan teknik khusus sehingga menghasilkan duri ikan mas yang lunak dan bisa dimakan.

Mengenai bumbu, pepes dibuat dari beragam bumbu dapur yang dihaluskan. Mulai dari jahe, kunyit, kemiri, bawang putih, bawang merah, gula pasir, garam dan asam Jawa. Ada juga bumbu lain seperti serai dan daun salam.

Bumbu tersebut lalu dibaluri pada ikan atau makanan lain yang dipepes. Selanjutnya dibungkus daun pisang dan dikukus. Setelah dikukus, dipanggang lagi di atas bara arang. Hasilnya pepes lebih pekat dan kering bumbunya. Rasa gurihnya juga makin kuat.

Berbeda dengan pepes di Jawa Tengah yang memakai bumbu halus, bumbu merah atau bumbu kuning. Pepes Sunda lebih banyak memakai bumbu yang diiris, seperti tomat, cabe, serai, bawang merah dan bawang putih. Beberapa versi justru tak memakai olesan bumbu halus sama sekali.

Gurih Lembut Pepes Ikan Mas yang Favorit dari Tanah SundaFoto: Istimewa

Baca Juga: Resep Ikan: Pepes Ikan Mas

Jika dibandingkan dengan pepes dari daerah Indonesia lain, pepes Sunda adalah pepes yang umum ditemui di banyak restoran. Pasalnya pepes dari Minang, Tapanuli dan Palembang memakai bahan lain yang unik.

Orang Minang dan Tapanuli memakai kelapa parut yang dibumbui untuk membalut ikan yang dipepes. Sementara orang Palembang suka membuat pepes dengan bumbu utama tempoyak yaitu fermentasi durian.

Nah, kalau hari ini mau makan pepes ikan yang nikmat, datangi saja tempat INI. Dijamin bikin nambah nasi hangat! (adr/odi)
FOKUS BERITA Kuliner Pasundan