Legendaris! Nasi Kandar Khas Malaysia Sudah dari Abad ke 19

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 29 Jun 2018 19:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Selain nasi lemak, Malaysia juga punya nasi kandar. Sajian berisi nasi yang ditambah berbagai lauk yang khas ini ternyata sudah ada sejak abad ke 19.

Nasi kandar bisa dibilang mirip dengan nasi rames. Karena berisi nasi putih plus aneka lauk. Hanya saja sajian ini dibuat dengan rempah-rempah yang digunakan untuk pembuatan kari. Bumbu rempah dan herba menyatu dalam nasi putih. Aromanya juga sangat menggoda apalagi saat dipadu dengan beberapa lauk yang ada.

Legendaris! Nasi Kandar Khas Malaysia Sudah dari Abad ke 19Foto: Istimewa

Ternyata nasi kandar sudah ada sejak abad ke 19. Saat itu, sajian ini dijadikan menu sarapan sehat bagi para imigran dan pekerja bangunan di wilayah Penang.

Baca juga: Wisata Kuliner Fast Food Sehat dari Malaysia, Ini Tempatnya

Kala itu, Weld Quay Port dijadikan pelabuhan internasional. Sehingga banyak imigran yang bekerja di pelabuhan tersebut. Rata-rata mereka berprofesi sebagai buruh atau pekerja bangunan.

Jam kerja yang cukup panjang sangat membuat lelah para buruh. Waktu yang disediakan untuk istirahat juga tidaklah banyak. Karenanya mereka membutuhkan makanan yang tersaji cepat dan juga hemat.

Melihat peluang ini, komunitas imigran Muslim India mulai menjajakan makanan. Ada yang menjual nasi kukus hingga sajian ayam atau ikan kari lengkap dengan terong dan okra balado seperti dilansir World of Buzz (14/6).

Legendaris! Nasi Kandar Khas Malaysia Sudah dari Abad ke 19Foto: iStock

Para perkerja bisa mendapat satu porsi nasi tersebut dengan harga 5 sen (Rp 700). Sehingga para pekerja berbondong-bondong mendatangi para pedagang sebelum bekerja untuk mendapat sarapan yang lezat.

Nasi kandar sendiri memiliki arti nasi yang dibawa dipikul di bahu, yaitu dari kata nasi (beras) dan kandar (bahu). Penjual nasi kandar biasa memikul dua wadah besar yang berisi nasi dan lauk pauk keliling. Sehingga siapa saja yang menginginkan nasi ini, cukup memberhentikan sang penjualnya saja.

Seiring berjalannya waktu, nasi kandar mulai berevolusi. Di tahun 1970, restoran nasi kandar mulai bermunculan. Saat ini saja di Malaysia sudah ada ratusan restoran yang menjual nasi kandar. Namun saat ini harga satu porsi nasi kandar biasa dibanderol sebesar RM 10 (Rp 35 ribu).

Kini warga Malaysia tidak hanya menyantap nasi kandar sebagai menu sarapan. Melainkan untuk makan siang hingga makan malam.

Baca juga: Ini 4 Tempat Makan Nasi Lemak Enak di Jakarta Selatan (lus/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com