Basic Cooking

Terlihat Mirip, Kenali 5 Bentuk dan Fungsi Sutil Untuk Memasak Ini

Devi Setya - detikFood Jumat, 29 Jun 2018 11:16 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
FOKUS BERITA Basic Cooking
Jakarta - Sutil biasa dimanfaatkan untuk mengaduk makanan saat dimasak. Meskipun memiliki fungsi sama, tapi bahan dan bentuk sutil cukup beragam.

Populer digunakan sebagai alat bantu saat memasak makanan kering, sutil memiliki ragam yang cukup banyak. Mulai dari bentuk hingga bahan pembuatannya, berikut 5 sutil yang biasa ditemukan di pasaran.

1. Sutil Kayu
Terlihat Mirip, Kenali 5 Bentuk dan Fungsi Sutil Untuk Memasak IniFoto: Istimewa
Sutil kayu memang paling sederhana tapi tak bisa dianggap remeh. Dilansir dari Foof52, sutil kayu jadi alat masak yang cukup awet digunakan bertahun-tahun. Karena terbuat dari bahan kayu, sutil ini bersifat non-konduktif, artinya tidak menghantarkan panas. Jadi aman dan nyaman digunakan tanpa takit pegangannya terasa panas.

Keuntungan lain dari sutil kayu ini adalah mereka tidak merusak permukaan wajan saat digunakan. Jadi wajan kesayangan akan tetap mulus tanpa gores. Tapi sayangnya sutil kayu kadang menyerap rasa dan aroma dari masakan jadi harus dicuci hingga benar-benar bersih dan dikeringkan dengan cara diangin-anginkan.

Sutil kayu juga bisa digunakan untuk memasak hampir semua masakan mulai dari gorengan hingga masakan bersaus kental. Yang terpenting, harga sutil kayu juga terbilang murah meriah.

Baca juga : 7 Peralatan Masak Dasar Ini Perlu Tersedia di Dapur

2. Sutil aluminium
Terlihat Mirip, Kenali 5 Bentuk dan Fungsi Sutil Untuk Memasak IniFoto: Istimewa
Sutil ini terbuat dari bahan logam mulai dari aluminium hingga stainless steel. Fungsinya untuk menggoreng makanan di wajan. Berbentuk pipih dengan gagang yang biasa terbuat dari silikon maupun plastik untuk melindungi tangan dari efek panas yang dihantarkan dari kompor.

Para ibu rumah tangga biasa menggunakan sutil ini untuk menggoreng ikan, ayam, atau memasak tumisan. Tidak sulit menemukan sutil ini di pasaran, mulai pasar tradisional hingga supermarket berkelas biasa menyediakan sutil ini.

3. Sutil berongga
Terlihat Mirip, Kenali 5 Bentuk dan Fungsi Sutil Untuk Memasak IniFoto: Istimewa
Terbuat dari bahan aluminium juga, sutil yang satu ini memiliki rongga memanjang atau bulat. Fungsi sutil ini biasa digunakan untuk menggoreng, sementara rongga dan lubangnya berfungsi untuk meniriskan hasil gorengan.

Sutil ini bisa lebih cepat meniriskan makanan yang digoreng dalam minyak banyak. Karena minyak lebih mudah tiris dan keluar dari rongga lubang. Alhasil makanan lebih cepat kering dan tidak berminyak.

4. Sutil silikon
Terlihat Mirip, Kenali 5 Bentuk dan Fungsi Sutil Untuk Memasak IniFoto: Istimewa
Sutil ini termasuk produk hybrid yang dibuat dengan teknologi tinggi. Sutil ini terbuat dari silikon yang diolah sedemikian rupa sehingga tahan panas. Tapi tidak disarankan untuk menggoreng makanan dalam minyak banyak dan panas.

Biasanya sutil silikon dimanfaatkan untuk memasak pasta, nasi goreng, telur dadar aataupun tumisan. Teksturnya yang lembut dan elastis membuat sutil ini tak akan merusak lapisan permukaan wajan. Kelebihan lainnya adalah sutil ini tersedia dalam berbagai warna menarik, jadi bisa dipilih sesuai selera dan pastinya bisa mengundang mood saat memasak.


5. Sutil jepit
Terlihat Mirip, Kenali 5 Bentuk dan Fungsi Sutil Untuk Memasak IniFoto: Istimewa
Sutil yang satu ini dibuat untuk memudahkan membalik makanan yang sedang dimasak. Tujuannya adalah agar bentuk makanan tetap utuh dan tidak rusak karena dibalik.

Bentuknya seperti kombinasi antara sutil datar dan sutil bentuk garpu. Keduanya menyatu dan bisa dijepit dengan mudah. Biasa digunakan untuk menggoreng telur dan makanan berbentuk datar lainnya. Di Indonesia mungkin sutil ini belum terlalu populer tapi bisa membantu pemasak pemula. (dvs/odi)
FOKUS BERITA Basic Cooking