Murah dan Nikmat, Curry Puff Rekomendasi Michelin Guide Singapura

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 27 Jun 2018 19:10 WIB
Foto: Michelin Guide
Singapura - Michelin Bib Gourmand 2016 merekomendasikan curry puff buatan J2. Apa istimewanya curry puff yang sudah dijajakan selama 11 tahun ini?

Tak melulu daftar restoran fine dining, Michelin Guide juga meluncurkan Bib Gourmand yaitu daftar restoran atau penjaja makanan berharga ekonomis. Tahun 2016, J2 Famous Crispy Curry Puff masuk dalam rekomendasi.

Gerai curry puff ini beroperasi di hawker centre ternama Singapura, Amoy Street Food Centre. Sang pemilik, Lee Meng Li menjajakan curry puff atau pastel gaya Singapura aneka rasa ini sejak 2007. Pastel ini menggunakan adonan tepung terigu dan lemak sebagai bahan utamanya.

Murah dan Nikmat, <i>Curry Puff</i> Rekomendasi Michelin Guide SingapuraFoto: dok. detikFood

Curry puff lalu diberi isian, dengan kentang dan daging ayam jadi yang terpopuler. J2 Famous Crispy Curry Puff juga menjual rasa ayam lada hitam (black pepper) dan sardines atau ikan tuna. Harganya SGD 1,2 sampai SGD 1,5 atau Rp 12.500 hingga Rp 15.600 per buah.

Ditemui detikFood awal tahun 2018 (9/1), Kris yang mengelola J2 Famous Crispy Curry Puff mengatakan ia melanjutkan usaha kakaknya. "Dia sudah mengajari saya, sekarang dia bisnis sup ikan" kata Kris yang sehari-hari membuat curry puff bersama suaminya.

Kris menginformasikan curry puff buatannya berbeda karena layer adonannya lebih renyah. Dalam sehari ia bisa menjual 200-300 buah curry puff. "Banyak orang pesan buat meeting atau mereka cari kudapan sore untuk minum teh atau kopi," kata Kris.

Murah dan Nikmat, <i>Curry Puff</i> Rekomendasi Michelin Guide SingapuraFoto: dok. detikFood

Semua curry puff dibuat fresh di tempat, mulai dari menggiling adonan, memasukkan isian sampai menggorengnya. Kris dan suaminya pun masih mengandalkan tangan saja alias tanpa bantuan mesin, dalam memproduksi curry puff.

Ukuran curry puff buatan J2 memang terlihat relatif besar. Isiannya juga padat dengan cita rasa memuaskan. Untuk ayam dan kentang, potongan kentang yang lembut berpadu dengan cincangan ayam. Rasanya gurih sedikit pedas.

Untuk rasa sardines, J2 Famous Crispy Curry Puff membuat isiannya dari suwiran tuna, bawang bombay dan saus tomat. Sementara ayam black pepper dibuat dari potongan mungil ayam yang disendoki saus black pepper dalam jumlah banyak sehingga sengatan ladanya kuat.

Murah dan Nikmat, <i>Curry Puff</i> Rekomendasi Michelin Guide SingapuraFoto: dok. detikFood

Nah, kalau Anda sedang di Singapura dan mau ngemil, curry puff buatan J2 patut dicoba. Cicip semua rasanya ya, dijamin tak rugi!

"Singapura adalah destinasi di mana kamu dapat mewujudkan impian. Kini saatnya untuk tak sekadar bersantap, dan jadilah Pecinta Makanan."

(adr/odi)