Basic Cooking

Mau Jago Masak? Yuk, Kenali Dulu 8 Metode Dasar Masak Ini!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 25 Jun 2018 19:40 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Basic Cooking
Jakarta - Tak ada kata terlambat untuk belajar masak. Sebelum mulai turun ke dapur, kenali dulu metode dasar memasak ini.

Ada banyak metode untuk mengolah bahan makanan. Sebagai pemula, Anda perlu mengetahui metode memasak yang sering dipakai sehari-hari. Mulai dari menggoreng sampai menumis.

1. Goreng
Metode yang satu ini paling sering dipakai dan hasil masakannya selalu jadi favorit. Menggoreng pada dasarnya mematangkan makanan dalam minyak panas. Minyak yang dipakai bisa minyak sayur, minyak jagung atau minyak kelapa. Menggoreng dapat dilakukan dengan banyak cara seperti sauteing, stir frying, pan frying, shallow frying, dan deep frying. Yang membedakan adalah jumlah pemakaian minyak dengan deep frying paling banyak karena makanan harus terendam minyak panas. Biasanya sajian yang diolah dengan teknik ini adalah kentang goreng dan fried chicken.

2. Tumis

Mau Jago Masak? Yuk, Kenali Dulu 8 Metode Dasar Masak Ini!Foto: iStock

Tumis sebenarnya masuk dalam kategori menggoreng yaitu sauteing. Metode ini memakai sedikit minyak dengan suhu tinggi. Makanan yang diolah biasanya dipotong kecil-kecil terlebih dulu seperti sayuran. Setelah agak kecokelatan, makanan diaduk dengan spatula atau wajan digoncang-goncangkan agar matangnya merata. Sauteing biasanya menggunakan wajan datar.

3. Roasting
Kerap disamakan dengan grill, roasting adalah teknik masak berbeda. Arti harfiah roasting adalah memanggang. Biasanya yang diolah adalah daging, biasanya memakai oven tertutup. Dalam prakteknya, makanan yang di-roasting biasanya sudah dibumbui. Makanan juga tidak boleh menyentuh dasar alat roasting atau sumber api langsung.

4. Grill

Mau Jago Masak? Yuk, Kenali Dulu 8 Metode Dasar Masak Ini!Foto: iStock

Sementara grill adalah proses memanggang dengan suhu panas tinggi. Bisa dari api bersumber atas atau bawah. Makanan yang di-grill menghasilkan warna cokelat dengan waktu masak relatif cepat. Grill biasanya memakai panggangan bara api dengan makanan ditaruh di atas rak kawat di atasnya.

5. Kukus
Wortel, kentang hingga brokoli kukus sering dikonsumsi pelaku hidup sehat. Kukus pada prinsipnya adalah memasak dengan uap air panas. Kukus bisa dilakukan di dandang atau rice cooker. Dengan mengukus, makanan tidak mudah kehilangan warna, aroma dan rasanya. Nutrisi dalam makanan tersebut juga tidak banyak hilang.

6. Rebus

Mau Jago Masak? Yuk, Kenali Dulu 8 Metode Dasar Masak Ini!Foto: iStock

Rebus sama populernya dengan goreng. Bahan makanan dimasak dalam air yang jumlahnya banyak alias makanan terendam air. Proses ini biasanya menghasilkan banyak gelembung di permukaan air yang menandakan sudah mendidih. Proses merebus menghilangkan banyak nutrisi bahan makanan.

7. Simmer
Sedangkan simmer mirip rebus, hanya saja waktu masaknya lebih lama dengan keadaan panci tertutup. Suhu yang dipakai berkisar antara 85-90 C. Proses simmer biasanya dipakai untuk membuat kaldu.

8. Stew

Mau Jago Masak? Yuk, Kenali Dulu 8 Metode Dasar Masak Ini!Foto: iStock

Dalam bahasa Indonesia, stew berarti setup. Metode masak ini menggunakan cairan yang jumlahnya tidak sebanyak rebus. Cairan tersebut antara lain saus, santan, kaldu, atau susu. Biasanya bahan makanan dipotong kecil-kecil terlebih dahulu lalu dimasak bersamaan dengan cairan tadi sampai matang. Seperti pada pengolahan opor atau semur.



Tonton juga 'Begini Manfaat Ajarkan Anak Masak':

[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)
FOKUS BERITA Basic Cooking

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com