Musim Piala Dunia, Layanan Antar Makanan di China Kebanjiran Pesanan!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 22 Jun 2018 20:07 WIB
Foto: Istimewa
China - Perhelatan Piala Dunia membawa rezeki untuk restoran dan jasa layanan antar makanan di China. Buktinya pesanan mereka naik berkali-kali lipat!

Dikabarkan South China Morning Post (19/6), banyak restoran dan layanan antar makanan China mengalami kenaikkan pesanan terutama di malam hari. Para penikmat bola rupanya rela begadang demi menyaksikan pertandingan bola tim kesayangan.

Beberapa menu yang laris dipesan antara lain daging BBQ, udang laut dan bir, buah segar, yogurt hingga sup ikan. Salah satu yang mengalami lonjakan pesanan adalah layanan antar makanan Ele.me.

Musim Piala Dunia, Layanan Antar Makanan di China Kebanjiran Pesanan!Udang dan Bir, Makanan Favorit Warga China Saat Nonton Bola Foto: Istimewa

Pihaknya menyebut untuk masing-masing dari empat pertandingan pertama laga Piala Dunia 2018, mereka mengirim rata-rata 3.05 juta udang laut dan 400 ribu botol bir. Sementara untuk jumlah pesanan antara jam 9 malam hingga 2 pagi naik 3 kali lipat di jam yang sama dibanding tahun lalu.

Baca Juga: Demam Piala Dunia, Restoran Yakiniku Ini Sajikan Minuman dan Daging Biru

Saingan Ele.me, Meituan Dianping juga mengabarkan hal seanda. Di malam pertama laga Piala Dunia 2018, mereka mengirim 280 ribu botol bir dan 1.53 juta udang laut. Tingkat pesanan untuk menu sup juga naik 55 persen dibanding malam-malam biasanya.

Meituan menambahkan 15 menit sebelum pertandingan pertama Piala Dunia 2018, pesanan mereka sudah naik 40% dari hari sebelumnya.

Uniknya, bukan hanya udang dan bir yang laris dipesan sebagai 'teman' nonton bola. Beberapa pembeli memilih makanan lebih ringan dan sehat seperti buah segar dan yogurt. Hal ini diutarakan pihak MissFresh dan supermarket Hema Fresh yang mengaku ada lonjakan pesanan.

Musim Piala Dunia, Layanan Antar Makanan di China Kebanjiran Pesanan!Layanan Antar Makanan di China Beroperasi 24 Jam Selama Musim Piala Dunia Foto: Istimewa

Semua layanan antar makanan tersebut ternyata menawarkan layanan 24 jam selama musim Piala Dunia 2018. Sedangkan untuk restoran, bar dan kafe, pemasukan mereka juga bertambah namun mereka harus menyediakan area nonton bareng pertandingan bola.

"Kami akan kehilangan pelanggan jika tidak menyediakan layar besar yang memutar pertandingan bola selama Piala Dunia," ujar seorang pemilik restoran di Zhengzhou. Sementara di Sichuan, sebuah restoran hotpot juga ikut menyediakan area nonton bola bareng. "Kami hanya tutup saat permainan terakhir di hari itu selesai," pungkas pemilik resto.

Baca Juga: Jelang Piala Dunia 2018, Argentina Bawa Bekal 3 Ton Makanan ke Rusia (adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com