Unggah Promo Tak Pantas, Burger King Rusia Dikecam Netizen

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 22 Jun 2018 19:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Burger King Rusia membuat promo yang tak pantas untuk memeriahkan Piala Dunia. Karenanya gerai tersebut dikecam banyak netizen.

Banyak cara dilakukan produsen makanan untuk memeriahkan Piala Dunia 2018. Salah satunya restoran yakiniku di Kyoto, Jepang. Yakiniku Bare Yaruki & Ponto-cho Yakiniku Yaruki membuat daging yakiniku berwarna biru cerah. Warna tersebut diambil karena Piala Dunia tahun ini diadakan di Rusia.

Unggah Promo Tak Pantas, Burger King Rusia Dikecam NetizenFoto: Istimewa

Di Rusia sendiri ada banyak gerai makanan yang menyediakan promo khusus Piala Dunia. Tapi entah apa yang ada dibenak managemen Burger King Rusia. Pasalnya melalui akun Instagram resminya, gerai cepat saji ini menulis promo yang membuat heboh warga Rusia.

Baca juga: Demam Piala Dunia, Restoran Yakiniku Ini Sajikan Minuman dan Daging Biru

Berdasarkan laporan Deadspin (20/6), unggahan dengan bahasa Rusia itu memiliki arti, "Burger King, dalam rangka tanggung jawab sosial, telah memutuskan untuk memberi sebuah hadiah pada gadis yang dihamili oleh bintang sebak bola dunia. Masing-masing akan mendapat 3 juta rubel (Rp 699 juta) dan pasokan Whoppers seumur hidup. Bagi gadis-gadis ini, sangat mungkin mendapat gen sepakbola terbaik dan akan bisa menyukseskan tim nasional Rusia pada beberapa generasi yang akan datang. Maju! Kami percaya padamu!"

Bukannya mendapat sambutan baik, justru unggahan tersebut mendapat banyak komentar pedas. Kebanyakan mengatakan kalau promo tersebut tidak pantas dijadikan bentuk euforia Piala Dunia 2018. Tidak sedikit yang menyernag akun Instagram Burger King Rusia.

Sehingga beberapa waktu lalu admin akun tersebut menghapus unggahannya dan menulis permohonan maaf. Dilansir Mirror UK (20/6), begini arti permohonan maaf tersebut, "Kami memohon maaf atas pernyataan yang telah kami buat. Ternyata itu sangat menghina. Kami berterima kasih atas masukannya."

Unggah Promo Tak Pantas, Burger King Rusia Dikecam NetizenFoto: Istimewa

Ternyata ini bukan kali pertama iklan Burger King Rusia diserang oleh netizen. Pada tahun 2017, gerai itu mengolok remaja korban pelecehan seksual lewat promo online.

Saat itu, gerai tersebut merilis promo burger beli satu gratis satu. Hebatnya, promo tersebut berisi foto remaja wanita korban pelecehan seksual yang baru berusia 16 tahun.

Di tahun 2015, gerai ini juga disebut 'vulgar' oleh salah satu pengunjung karena memakai foto wanita yang diberkati untuk mengiklankan menu yang ada.

Baca juga: Jelang Piala Dunia 2018, Argentina Bawa Bekal 3 Ton Makanan ke Rusia (lus/odi)