Wah! Restoran Ini Punya Utang Rp 1.1 M Gara-gara Promo 'All You Can Eat'

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 19 Jun 2018 15:05 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sebuah restoran hot pot di China gulung tikar lantaran utang yang menumpuk. Hal ini dikarenakan promo all you can eat yang diberikan pada pelanggan.

Banyak cara yang dilakukan restoran untuk mendapat banyak pelanggan. Mulai dari promo beli dua gratis satu hingga paket member yang membuat pelanggan dapat potongan harga lebih banyak. Namun sebuah restoran di wilayah Chengdu, Sichuan, China Selatan sepertinya memakai strategi promo yang salah.

Pasalnya bukannya untung, restoran bernama Jiamener ini justru menumpuk utang. Jumlah utangnya juga tidak main-main, mencapai angka $80.000 atau lebih dari Rp 1.1 miliar. Hal ini terjadi lantaran promo all you can eat yang ditetapkan selama satu bulan.

Wah! Restoran Ini Punya Hutang Rp 1.1 M Gara-gara Promo 'All You Can Eat'Foto: Istimewa
Baca juga: Waduh! Pemilik Resto Ini Sengaja Pipis di Kaldu Ramen Milik Saingannya!

Setiap pelanggan yang datang hanya perlu membayar sebesar $19 (Rp 267 ribu) untuk mendapatkan kartu anggota di Jiamener. Orang yang memiliki kartu tersebut bebas memakan apapun yang tersaji selama satu bulan. Promo ini dimulai sejak tanggal 1 Juni lalu.

Namun baru dua minggu masa promo, restoran ini terpaksa ditutup. Lantaran tidak kuat membayar tagihan yang membengkak akibat memenuhi permintaan pelanggan. Padahal Jiamener baru saja dibuka tujuh bulan lalu seperti dilansir South China Morning Post (15/6).

Berdasarkan keterangan pemilik, Su Ji dan Wang Mengfan, promo ini diadakan untuk menarik pelanggan setia.

Wah! Restoran Ini Punya Hutang Rp 1.1 M Gara-gara Promo 'All You Can Eat'Foto: iStock
"Kami tahu kami akan kehilangan uang (karena mengadakan promo ini). Kami ingin mengumpulkan pelanggan setia lewat strategi ini," tutur salah satu pemilik restoran itu.

Selama dua minggu masa promo, Jiamener mendapat 500 pelanggan per hari. Banyak orang yang sudah mengantre untuk makan di restoran ini mulai pukul 8 pagi. Beberapa di antaranya bahkan tidak pergi dari restoran hingga tengah malam. Karenanya para pelayan restoran harus bekerja lebih dari 10 jam per hari.

Wah! Restoran Ini Punya Hutang Rp 1.1 M Gara-gara Promo 'All You Can Eat'Foto: iStock
Menurut Su Ji, tim pengelola restoran tidak punya pengetahuan bisnis yang mumpuni. Ditambah prilaku beberapa pelanggan yang tidak beradab jadi alasan penutupan restoran.

"Perilaku pelanggan yang tidak beradab merupakan alasan sekunder-masalah utamanya adalah buruknya managemen kami," ungkapnya.

Baca juga: Waduh! Turis China Ini Diusir oleh Pelayan Restoran di Osaka (dwa/odi)