Pulang Mudik Lewat Brebes? Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Ini

Devi Setya - detikFood Selasa, 19 Jun 2018 10:15 WIB
Foto: dok.detikFood/Istimewa Foto: dok.detikFood/Istimewa
Jakarta - Mungkin hari ini Anda sudah dalam perjalanan kembali ke kota asal. Kalau melintas Brebes, Jawa Tengah, jangan lupa belanja telur asin dan oleh-oleh lainnya.

Brebes terkenal sebagai produsen telur asin yang gurih dan masir. Ternyata bukan hanya telur asin yang bisa dijadikan buah tangan dari Brebes. 5 kudapan enak ini siap dibawa jadi oleh-oleh.

1. Telur Asin

Pulang Mudik Lewat Brebes? Jangan Lupa Beli Oleh-oleh IniFoto: Istimewa
Makanan yang ini tak boleh terlewat. Telur asin khas Brebes terkenal karena enak dan berkualitas. Olahan telur bebek ini punya tekstur berminyak, gurih dan berpasir.

Di sepanjang jalan raya, banyak penjaja telur asin yang biasanya memproduksi sendiri jadi terjamin kualitasnya. Telur asin khas Brebes juga tersedia dalam dua pilihan yakni original dan telur asin bakar. Keduanya sama-sama enak.

Baca juga : Mudik ke Madiun, Jangan Lupa Bawa 5 Oleh-oleh Enak Ini

2. Abon ikan

Brebes juga dikenal sebagai produsen olahan ikan bandeng. Salah satu yang paling populer adalah abon ikan. Pelengkap makan ini bukan hanya enak dan gurih tapi juga kaya nutrisi.

Orang-orang menjadikan abon ikan bandeng sebagai alternatif jika malas memisahkan duri saat makan ikan bandeng. Abon ikan ini juga tersedia dalam berbagai ukuran jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Kerupuk rumput laut

Pulang Mudik Lewat Brebes? Jangan Lupa Beli Oleh-oleh IniFoto: Istimewa
Kalau biasanya rumput laut dijadikan dodol atau campuran minuman, maka di Brebes masyarakatnya mengolah rumput laut jadi kerupuk. Kriuk renyah kerupuk ini dibuat dari rumput laut yang sudah diolah terlebih dulu menjadi tepung.

Pusat penjualan oleh-oleh banyak menyediakan kerupuk ini dalam keadaan mentah maupun matang. Harganya juga bersahabat jadi jangan takut kantung jebol karena belanja kerupuk ini.

4. Kerupuk tulang bandeng

Pulang Mudik Lewat Brebes? Jangan Lupa Beli Oleh-oleh IniFoto: Istimewa
Ada lagi olahan ikan bandeng yang bisa jadi oleh-oleh yakni kerupuk tulang bandeng. Unik ya? Kerupuk ini terbuat dari tulang ikan bandeng yang dagingnya dijadikan abon, jadi tak ada limbah yang terbuang.

Masyarakat Brebes mengolahnya menjadi kerupuk yang enak dan gurih. Selain enak, tulang bandeng juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Kapan lagi bisa makan tulang bandeng yang enak tanpa takut tersedak?

Baca juga : Masih Ada di Jogja? 5 Bakpia Ini Bisa Jadi Oleh-oleh

5. Bawang goreng

Pulang Mudik Lewat Brebes? Jangan Lupa Beli Oleh-oleh IniFoto: Istimewa
Nah jangan heran kalau melintas Brebes kadang mencium aroma bawang merah yang semerbak. Kawasan ini memang dikenal memiliki bawang merah berkualitas juara. Bawangnya besar dan harum.

Bolehlah membeli beberapa ikat bawang merah sebagai stok bumbu dapur di rumah. Tapi buat rekan dan kerabat, bisa dibawakan oleh-oleh bawang goreng yang sedap. Sebagai pelengkap makan nasi hangat, bawang goreng pasti mantap. (dwa/odi)